//

UJI POTENSI HASIL DAN SIFAT FISIKOKIMIA PADI (ORYZA SATIVA L.) MUTAN M3HASIL IRADIASI SINAR GAMMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Maulina - Personal Name
SubjectRICE - FOOD CROP
VARIETIES - AGRICULTURE
PHYSICAL CHEMISTRY - APPLIED
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Agroekoteknologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

DaraMaulina. Uji Potensi Hasil dan Sifat Fisikokimia Padi (Oryza sativa L.) Mutan M3 Hasil Iradiasi Sinar Gamma di bawah bimbingan Rita Hayati sebagai pembimbing ketua dan Efendi sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi hasil serta perbedaan sifat fisikokimia dari beberapa galur padi mutan M3 hasil iradiasi sinar gamma. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2015 sampai dengan Februari 2017 di Kebun Percobaan dan Laboratorium Analisis Pangan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Laboratorium UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh serta Laboratorium Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (LDITP) Institut Pertanian Bogor. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan 3 ulangan. Perlakuan yang diteliti adalah genotipe (G) terdiri atas genotipe Sanbei sebagai genotipe pembanding dan Unsyiah-1, Unsyiah-3 serta Unsyiah-5 Sanberasi yang merupakan genotipe hasil mutasi iradiasi sinar gamma dengan dosis 250 Gy. Parameter potensi hasil yang diamati adalah jumlah gabah per malai, bobot gabah hampa, bobot gabah bernas, bobot 1000 butir gabah, dan potensi hasil. Parameter sifat fisikokimia yang diamati adalah dimensi beras, densitas kamba, kadar air, daya serap air, kadar amilosa, dan kadar protein beras. Selain itu juga diamati parameter organoleptik dengan atribut mutu meliputi aroma, warna, tekstur, bentuk, dan penerimaan keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genotipe Sanbei menunjukkan jumlah gabah per malai tertinggi namun tidak berbeda nyata dengan Unsyiah-3 dan Unsyiah-5 Sanberasi. Bobot 1000 butir gabah tetinggi ditunjukkan genotipe Unsyiah-5 Sanberasi namun tidak berebda nyata dengan genotipe Unsyiah-1 Sanberasi. Unsyiah-5 Sanberasi menunjukkan kadar air tertinggi dibandingkan genotipe lainnya yaitu 14, 23%, namun kadar air keempat genotipe rata-rata 14%. Kadar amilosa terbaik ditunjukkan oleh genotipe Unsyiah-5 Sanberasi yang tidak berbeda nyata dengan Unsyiah-1 Sanberasi dengan kriteria kadar amilosa rendah. Genotipe Unsyiah-1 Sanberasi menunjukkan kadar protein tertinggi dan tidak berbeda nyata dengan genotipe Unsyiah-5 Sanberasi yaitu 10,43% dan 10,31%. Berdasarkan pengujian organoleptik, uji kesukaan warna terbaik ditunjukkan oleh genotipe Unsyiah-5 Sanberasi yang tidak berbeda nyata dengan genotipe Unsyiah-1 Sanberasi dengan skor 4,80 dan 4,58. Genotipe Unsyiah-1 Sanberasi menunjukkan uji kesukaan tekstur, bentuk serta penerimaan keseluruhan yang terbaik dibandingkan genotipe lainnya dengan skor 4,97, 5,32, dan 5,02. Kata Kunci : Genotipe Lokal, Padi Mutan,Sifat Fisikokimia, Uji organoleptik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI POTENSI HASIL DAN SIFAT FISIKOKIMIA PADI (ORYZA SATIVA L.) MUTAN M3HASIL IRADIASI SINAR GAMMA (Dara Maulina, 2017)

UJI ADAPTASI DAN KARAKTERISTIK IKLIM MIKRO BEBERAPA VARIETAS PADI GOGO (ORYZA SATIVA L.) (Ahmad Ema Farma, 2013)

KUALITAS SIFAT FISIK DAN KIMIA BERAS LOKAL ACEH (ORYZA SATIVA L.) GENOTIPE M5 HASIL IRADIASI SINAR GAMMA. (Firdaus, 2018)

PERFORMANSI MORFO-AGRONOMIS PADA PADI (ORYZA SATIVA L.) GALUR MUTAN GENERASI (M4) HASIL IRADIASI SINAR GAMMA (Ria Kurnia, 2018)

PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (Nurul Munajad, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy