Search :

Advance


KAJIAN PENYEDIAAN JALUR SEPEDA PADA KAMPUS UIN AR-RANIRY SEBAGAI PRASARANA LANJUTAN TRANS KOETARADJA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sahmullah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Transportasi atau pengangkutan merupakan suatu bidang kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan ide pun harus dilakukan secara sistematis dan terintegrasi antara satu sistem dan sistem lainnya. Salah satu unsur yang perlu diperhatikan dalam proses rekayasa lalu lintas di daerah perkotaan adalah ketersediaan jalur pengguna sepeda. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry merupakan kawasan yang memiliki dinamika mobilitas tinggi dan tarikan perjalanan yang sangat besar akibat adanya pusat pendidikan di kawasan tersebut. Bus Trans Koetaradja sebagai angkutan umum yang melayani rute koridor I terus melakukan upaya peningkatan fasilitas pelayanan. Rute angkutan umum massal (Trans Koetaradja) hanya melintasi jalan lingkar kampus. Jalur sepeda dalam lingkungan kampus merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar terciptanya kesinambungan antara Bus Trans Koetaradja dengan pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan jalur sepeda pada jaringan jalan Kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry kemudian menilai persepsi mahasiswa terhadap ketersediaan jalur sepeda dengan menggunakan metode simple random sampling. Penelitian yang dilakukan merupakan perencanaan jalur sepeda pada jaringan jalan kampus serta merencanakan fasilitas pesepeda seperti pool/stasiun sepeda. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan dan penyebaran kuisioner. Hasil penelitian diperoleh perencanaan jalur sepeda kelas III dan kelas I pada jaringan jalan Kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry beserta penempatan titik pool/stasiun sepeda pada tiga lokasi dimana merupakan tarikan-tarikan terbesar di dalam kampus. Persepsi mahasiswa dalam perencanaan jalur sepeda menghasilkan respon yang baik, mahasiswa sebanyak 80,5% memilih alternatif bersepeda menjadi salah satu moda transportasi dalam kampus dan 81,5% responden (mahasiswa) merasa nyaman bersepeda pada jalur yang direncanakan sebagai pelayanan lanjutan angkutan massal Kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PELAYANAN SARANA DAN PRASARANA BUS TRANS KOETARADJA DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM (Teuku M Kautsar, 2017)

PERENCANAAN JALUR SEPEDA SEBAGAI TRANSPORTASI LANJUTAN ANGKUTAN MASSAL PADA KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dendy Mahawaditra, 2017)

ANALISA AKSESIBILITAS RUTE TRANS KOETARADJA KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Novida Setiawan, 2016)

KAJIAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN JALUR SEPEDA DI KOTA BANDA ACEH (Sari Irma Wati, 2014)

KAJIAN PERENCANAAN JALUR PEDESTRIAN DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM (Rahmad Fadli, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.