Search :

Advance


KESULITAN SISWA MEMAHAMI MATERI AKUNTANSI DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Yanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Materi Akuntansi Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan siswa memahami materi akuntansi di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Maret 2017. Subjek penelitian ini siswa XI IPS SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah yang berjumlah 6 orang siswa. Sedangkan objek penelitian adalah kesulitan siswa memahami materi akuntansi. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan belajar siswa pada materi akuntansi yang dialami oleh siswa kelas XI IPS, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya siswa yang mampu menganalisis jurnal umum sekitar 100% dan membuat buku besar 80% dan data evalusi siswa nilai ujian semester genap yang tidak tuntas KKM. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar materi akuntansi dapat berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal dalam kesulitan belajar siswa diantaranya faktor kurangnya minat siswa, kurangnya daya konsentrasi, kondisi kesehatan yang berkaitan dengan kelelahan, sikap dan intelegensi, sedangkan faktor eksternalnya adalah waktu sekolah, relasi siswa dengan siswa, dan metode mengajar guru. Hal ini dapat berdampak pada rendahnya pemahaman siswa dan nilai siswa dalam materi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi siswa untuk meningkatkan materi terhadap jurnal umum dan buku besar lebih membaca buku referensi lain dengan memanfaatkan buku pelajaran akuntansi yang tersedia di perpustakaan karena dengan buku LKS saja akan sulit untuk memahami akuntansi. Bagi guru, untuk mengatasi kesulitan belajar bagi siswa kelas XI IPS sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa tidak menganggap pelajaran akuntansi merupakan pelajaran yang cukup sulit khususnya pada materi jurnal umum dan buku besar. Bagi keluarga harus bisa memperhatikan anak-anaknya dalam belajar dan jangan sampai menimbulkan ketidakharmonisan dihadapan anak-anak karena akan mempengaruhi anak dalam belajar dan akan dapat menimbulkan faktor yang buruk terhadap perkembangan belajar anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR (FERA NOVIANTI, 2014)

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Syahril, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014)

HUBUNGAN ESQ DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Aulia Lutfiani, 2017)

PENGEMBANGAN PROSEDUR PRAKTIKUM PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (Riza Ummami, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.