Search :

Advance


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN STRATEGI BISNIS BERISIKO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 TAKENGON

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISNA RIANTI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci. Pembelajaran kooperatif, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Bisnis Berisisko, Prestasi Belajar. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Strategi Bisnis Berisiko Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Takengon”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan strategi bisnis berisiko terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Takengon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS (total sampling). Siswa kelas IPS.2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS.1 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya menggunakan statistik yang sesuai dan varians kedua kelompok sampel homogen atau tidak, masing-masing diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji-t. Pengujian pada kelas eksperimen terdapat 17 butir pertanyaan yang tergolong valid dan reliabel. Uji normalitas dengan menggunakan Kolomogorov-Smirnov, signifikansi sebesar 0.059 lebih besar dari 0.05 ini berarti bahwa data yang diambil berdistribusi normal.Uji Homogenitas bertujuan untuk mengetahui varian dari beberapa populasi sama atau tidak, terdapat keseragaman data atau punya varians yang sama dan telah memenuhi asumsi ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) dengan strategi bisnis berisiko di SMA Negeri 15 dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 82 sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol adalah 64. Berdasarkan pengujian statistik dinyatakan bahwa ada perbedaan nilai antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena nilai p-value = 0,00 < 0,05 berarti terima Hoyang artinya ada perbedaan signifikan rata-rata antara dua kelas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTS NEGERI KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Aula Iwan Prala, 2013)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS-I SMA NEGERI I NURUSSALAM KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN AJARAN 2012-2013 (Rosna, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAKENGON (YUNITA FITRI, 2017)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PADA SISWA KELAS V SDN 20 BANDA ACEH (CUT EVA SATIFAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.