//

ANALISIS SISTEM KERJA OPERATOR PORTER KARGO KEDATANGAN DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA DAN FISIOLOGI (STUDI KASUS PT. ANGKASA PURA II, BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jeng Dwi Utami - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilakukan pada aktivitas pembongkaran barang kargo kedatangan PT Angkasa Pura II, Bandara Sultan Iskandar Muda. Pada barang yang dibongkar tidak ada informasi yang lengkap mengenai berat benda tersebut, hal ini dapat mengakibatkan otot operator dapat terkejut sehingga membuat cidera dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penyakit yang serius. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan analisis terhadap kondisi fisik operator dengan pendekatan fisiologi dan juga analisis terhadap lingkungan kerja operator dengan pendekatan biomekanika. Analisa dengan pendekatan biomekanika mendapatkan hasil yang sangat beresiko untuk harus dilakukan perbaikan secepatnya dikarenakan nilai rata-rata untuk momen gaya L5/S1 terhadap setiap operator adalah 9429 N dimana standart yang ditetapkan NIOSH yaitu F > 3400 N dapat menyebabkan cidera. Berdasarkan metode RWL rata-rata setiap operator mendapatkan nilai LI = 6 artinya apabila nilai LI > 3 dapat menyebabkan resiko yang tinggi bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan. Berdasarkan nordic body map didapatkan nilai presentase keluhan sakit terbesar yaitu pada pinggang sebesar 43%. Dengan pendekatan fisiologi memperoleh hasil yang bertolak belakang dengan biomekanika yaitu nilai konsumsi energi rata-rata 3-5 Kkal/menit yang artinya pekerjaan tersebut masih kategori ringan, artinya setiap operator memiliki kondisi tubuh yang baik untuk melakukan pekerjaan tersebut dan juga masih mampu melakukan pekerjaan diluar jam kerja biasanya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERHITUNGAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) PADA PT. ANGKASA PURA II KANTOR CABANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (Rizky Ananda Hendrico, 2015)

ANALISIS SISTEM KERJA OPERATOR PORTER KARGO KEDATANGAN DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA DAN FISIOLOGI (STUDI KASUS PT. ANGKASA PURA II, BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA, ACEH BESAR) (Jeng Dwi Utami, 2017)

MEKANISME PEMOTONGAN PPH PASAL 23 ATAS PENDAPATAN JASA NON AERONAUTIKA PADA PT. ANGKASA PURA II CABANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA (TRIA FARAH AMZA, 2017)

AKUNTANSI PENDAPATAN AERONAUTIKA PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) CABANG SULTAN ISKANDAR MUDA (TEUKU AULIA SUKMA, 2018)

PROSEDUR PENGHAPUSBUKUAN ASET TETAP PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL KANTOR CABANG SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (EZZADZ, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy