Search :

Advance


SIMULASI EFEK GALVANIK PADA BAJA KARBON SEDANG HASIL TEMPERING MENGGUNAKAN BOUNDARY ELEMENT METHODE (BEM)-3D

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.iqbal - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Efek galvanik merupakan efek korosi yang terjadi antara dua jenis logam yang berbeda. Pada penelitian ini bertujuan untuk mensimulasikan efek galvanik pada baja karbon sedang hasil tempering dengan menggunakan Boundary Element Method (BEM)-3D. Boundary element method (BEM) merupakan salah satu metode yang telah banyak digunakan untuk penyelesaian simulasi pada kasus-kasus korosi. Potensial pada baja karbon hasil tempering dimodelkan dengan persamaan Laplace dan BEM-3D digunakan untuk menyelesaikan persamaan Laplace. Setelah penyelesaian persamaan Laplace maka didapatlah nilai potensial dan densitas arus. Efek galvanik dapat dianalisa dengan memakai data potensial tersebut. Untuk tahap selanjutnya ditentukan tiga kasus dengan kombinasi antara anoda-katoda yang berbeda. Kasus pertama adalah kombinasi baja tempering 250°C sebagai katoda dan baja tanpa perlakuan sebagai anoda. Kasus kedua yaitu kombinasi antara baja tempering 250°C sebagai anoda dan baja tempering 450°C sebagai katoda. Sedangkan kasus ketiga adalah kombinasi antara baja tempering 350°C sebagai anoda dan baja tempering 250°C sebagai katoda. Ketiga kasus tersebut menggunakan konduktivitas elektrolit yang sama yaitu 0,0541 S/m. Hasil simulasi menunjukkan distribusi potensial pada kasus pertama adalah untuk yang paling positif sebesar -0,00304 mV dan paling negatif sebesar -447,586 mV. Hasil distribusi potensial pada kasus kedua untuk nilai yang paling positif sebesar -0,00374 mV dan paling negatif sebesar -494,99 mV. Sedangkan hasil dari kasus ketiga mendapatkan hasil distribusi potensial paling positif sebesar -0,00094 mV dan paling negatif sebesar -535,701 mV. Hasil ketiga simulasi yang telah dilakukan menunjukkan nilai distribusi potensial yang berbeda-beda tergantung kepada kombinasi antara anoda-katoda yang di tetapkan. Maka dari hasil simulasi efek galvanik pada baja karbon sedang akibat tempering berhasil dilakukan menggunakan metode BEM.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI EFEK GALVANIK BAJA KARBON SEDANG HASIL PERLAKUAN PANAS MENGGUNAKAN BOUNDARY ELEMENT METHOD (BEM)-3D (Illiyinal Muttaqin S, 2017)

PENGARUH TEMPERING TERHADAP PERILAKU KOROSI BAJA KARBON SEDANG (RENHAT, 2016)

SIMULASI EFEKTIVITAS ANODA GALVANIK PADA SISTEM PROTEKSI KATODIK BETON BERTULANG MENGGUNAKAN BEM-3D (Muzaiyin Arika Putra, 2016)

PENGARUH HEAT TREATMENT TERHADAP PERILAKU KOROSI BAJA KARBON SEDANG (T. Rizki Nanda S, 2016)

SIMULASI EFEKTIFITAS DESAIN SISTEM PROTEKSI KATODIK ANODA KORBAN PADA BALOK BETON BERTULANG DERMAGA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN BATAS 3D (M. Rizky Hidayatullah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.