//

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sulastri - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
PROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sulastri (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa kelas VII SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM adalah kemampuan representasi matematis, namun berdasakan penelitian awal kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Kurangnya kemampuan representasi matematis siswa mengakibatkan peserta didik tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggapnya sebagai pelajaran yang sulit. Solusi agar peserta didik memiliki kemampuan representasi matematis dengan baik salah satunya dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-2 SMP Negeri 6 Banda Aceh. Subjek penelitian ini dipilih enam siswa yang terdiri atas dua siswa pada kategori tinggi, dua siswa kategori sedang, dan dua siswa kategori rendah berdasarkan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis yaitu menyajikan data atau informasi dari suatu masalah ke representasi tabel, menyelesaikan masalah yang melibatkan ekspresi matematis, serta menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata meskipun jawaban yang diberikan masih kurang lengkap. Siswa MA (berkemampuan rendah) memenuhi dua indikator kemampuan representasi matematis yaitu menyelesaikan masalah yang melibatkan ekspresi matematis, serta menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata meskipun jawaban yang diberikan kurang lengkap. Siswa NS (berkemampuan rendah) hanya memenuhi satu indikator yaitu menyajikan data atau informasi dari suatu masalah ke representasi tabel. Sedangkan siswa NS kesulitan merepresentasikan masalah yang diberikan kedalam bentuk matematis, sehingga prosedur penyelesaian yang dibuat tidak jelas dan keliru dalam melakukan perhitungan. Kata Kunci: Representasi Matematis, Pendidikan Matematika Realistik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Subarianto, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy