Search :

Advance


SUBSTITUSI PARSIAL TEPUNG KENTANG (SOLANUM TUBEROSUM) DALAM PEMBUATAN KEMBANG GOYANG

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elisa Nofianti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Elisa Nofianti. 2017. Substitusi Parsial Tepung Kentang (Solanum tuberosum) dalam Pembuatan Kembang Goyang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Laili Suhairi, S.Pd, M.Si (2) Dra. Nurul Faudiah, M.Pd Kata Kunci : Substitusi Parsial, Tepung Kentang, Kembang Goyang. Penelitian ini membahas masalah penggunaan tepung kentang kuning yang menjadi salah satu dari bahan dasar dalam pembuatan Kembang Goyang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui resep standar dari kue Kembang Goyang kentang kuning. (2) Mengetahui daya terima konsumen terhadap kue Kembang Goyang kentang kuning. (3) Mengetahui karakteristik dari warna, rasa, tekstur, dan aroma pada kue Kembang Goyang kentang kuning. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data-data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dari total yang diperoleh dari narasumber. Data dari uji penerimaan dianalisis menggunakan analisis varian (anova) satu jalur pada Kembang Goyang yang diperoleh dari 6 panelis narasumber dan 30 panelis konsumen mahasiswi tata boga Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji pengamatan (Sensory Evaluation) oleh panelis narasumber. Uji tingkat penerimaan (Hedonic Scale) diujikan kepada 30 orang panelis konsumen. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan Kembang Goyang kentang kuning (Kg K2) disukai oleh konsumen dengan nilai rata-rata pada warna kuning kecoklatan 4,3, aroma harum 3,33, tekstur renyah 4,13 dan rasa manis 3,7. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil hipotesis dapat diterima karena ada pengaruh karakteristik organoleptik dan ada perbedaan tingkat penerimaan konsumen terhadap Kembang Goyang kentang kuning.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SUBSTITUSI PARSIAL TEPUNG BERAS DENGAN TEPUNG TALAS (COLOCASIA ESCULENTA L) PADA PEMBUATAN KEMBANG GOYANG (PURNAMA SARI NS, 2015)

ANALISIS KADAR SERAT, KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAN RENDEMEN NUGGET AYAM YANG DI SUBSTITUSI PARSIAL DENGAN SAYURAN (Maizatun Zuhra, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL KULIT KENTANG (SOLANUM TUBEROSUM) TERHADAP BAKTERI PENYEBAB JERAWAT (Siti Ratna Sari, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TAUGE PADA MEDIA MS MODIFIKASI TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET KENTANG (SOLANUM TUBEROSUM L. CV GRANOLA) SECARA IN VITRO (Liza Fadhillah, 2015)

SUBSTITUSI TEPUNG KANJI (MANIHOT ESCULENTA) DENGAN TEPUNG SAGU (DEUDAK SAGEE/METROXYLON SP) PADA PEMBUATAN KUE LAPIS (nurul husna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.