Search :

Advance


STUDI PENENTUAN RUTE PERJALANAN WISATA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRUL - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kota Banda Aceh sebagai ibukota Provinsi Aceh merupakan tujuan utama wisatawan dengan berbagai macam objek wisata yang ditawarkan. Hal ini sesuai dengan program Dinas Pariwisata Aceh tahun 2017 dalam memasarkan pariwisata Aceh yang dikemas dalam sebuah branding, “The Light of Aceh”. Dalam menunjang pengembangan wisata Kota Banda Aceh diperlukan penentuan alternatif rute perjalanan antar objek wisata sebagai pedoman bagi wisatawan yang berkunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik wisatawan dan menentukan bentuk alternatif rute perjalanan wisata di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik wisatawan dalam melakukan rute perjalanan wisata yang meliputi analisis pengunjung dan analisis kunjungan. Selanjutnya berdasarkan analisis kuantitatif melalui perhitungan lama perjalanan dan penentuan rute perjalanan wisata maka diperoleh bentuk alternatif rute perjalanan wisata di Kota Banda Aceh yang dilengkapi dengan mapping. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik wisatawan dalam melakukan rute perjalanan wisata yang terbagi dalam karakteristik pengunjung (jenis kelamin, asal, umur, pekerjaan, biaya yang dikeluarkan, teman perjalanan, sumber informasi, dan kendaraan yang digunakan), karakteristik kunjungan (objek daerah tujuan wisata, motif, frekuensi kunjungan, lama tinggal wisatawan, rute perjalanan wisatawan, dan waktu tempuh). Dalam penentuan rute perjalanan berdasarakan hasil analisis terdapat alternatif rute perjalanan wisata yang dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu berdasarkan karakteristik jenis objek wisata (wisata tsunami dan wisata budaya) dan berdasarkan dari keragaman jenis objek wisata yang terdapat di Kota Banda Aceh. Kata kunci : Kota Banda Aceh, pariwisata, rute perjalanan wisata

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA AKSESIBILITAS RUTE TRANS KOETARADJA KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Novida Setiawan, 2016)

PENAKSIRAN NILAI WAKTU PERJALANAN PENGGUNA BUS ANTAR KOTA (RUTE BANDA ACEH - MEDAN) (Fatmawati, 2013)

BUKTI KOMBINATORIK PADA IDENTITAS KOMBINASI (Idawani, 2017)

OPTIMISASI RUTE PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (Durisman, 2017)

ANALISIS HIBRIDISASI LOCAL DAN POPULATION BASED SEARCH ALGORITHM DALAM PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP) (Erdiwansyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.