Search :

Advance


KAJIAN KONSEP OPERASIONAL PEMELIHARAAN GEDUNG SMA BINA GENERASI BANGSA MEULABOH ACEH BARAT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Edi Mawardi - Personal Name
Subyek MAINTENANCE
BUILDING - CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

KAJIAN KONSEP OPERASIONAL PEMELIHARAAN GEDUNG SMA BINA GENERASI BANGSA MEULABOH ACEH BARAT Oleh Edi Mawardi NIM. 1209200060026 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. T. Budi Aulia, M.Ing 2. Dr. Ir. Abdullah M.Sc ABSTRAK Bangunan sekolah sebagai faslitas umum yang merupakan sarana pendidikan untuk kelancaran proses belajar mengajar. Dengan konsep operasional pemeliharaan gedung yang kurang baik menyebabkan berbagai fungsi fasilitas gedung semakin menurun dan mempengaruhi kualitas dan kenyamananpengguna gedung. Apabila kerusakan komponen gedung dibiarkan maka secara perlahan umur layan gedung akan berkurang. Melihat fungsi dari bangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) Bina Generasi Bangsa Meulaboh, maka sudah seharusnya bangunan ini mendapat konsep operasional pemeliharaan yang baik agar keandalan dan kelayakan bangunan secara arsitektur, struktur, maupun utilitas tetap terjaga dan berfungsi secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep operasional pemeliharaan gedung, mengidentifikasikan persentase kerusakan, memperkirakan besarnya biaya pemeliharaan dan urutan prioritas pemeliharaan. Metode analisis yang digunakan metode statistik dan Analytical Hierarcy Process (AHP). Hasil analisis tersebut kerusakan berat terjadi pada komponen utilitas sebesar 84,04%, kerusakan sedang pada komponen asitektur sebesar 50,24% dan kerusakan ringan pada komponen struktural sebesar 1,56%. Perhitungan untuk biaya pemeliharaan sebesar 13,08% dari harga pembangunan gedung negara, sesuai dengan permen PU No.24/PRT/M/2008 gedung tersebut masuk katagori pemeliharaan ringan. Dari analisis AHP urutan prioritas pemeliharaan adalah pada komponen asitektur yaitu penutup atap. Hasil pengujian hammer test menunjukan bahwa nilai kuat tekan pada komponen struktural tergolong rendah dibawah yang disyaratkan SNI 03-2847-2002 untuk bangunan bertingkat 225 kg/cm². Untuk mengetahui konsep pemeliharaan dengan analisis AHP dapat disimpulkan bahwa program kerja pemeliharaan merupakan strategi terbaik untuk menghasilkan kegiatan operasional pemeliharaan gedung. Kata kunci : Bangunan Sekolah, Operasional Pemeliharaan, Biaya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMALISASI SISTEM PEMELIHARAAN GEDUNG PADA BANGUNAN PENYELAMAT (ESCAPE BUILDING) DI KOTA BANDA ACEH (RITA OFIANI, 2015)

KAJIAN KONDISI PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PADA GEDUNG SEKOLAH DASAR NEGERI 20 BANDA ACEH (I. Moch Najibullah, 2016)

RUMAH SAKIT UMUM JOHAN PAHLAWAN MEULABOH (Yuliana Rachim, 2016)

EVALUASI PEMELIHARAAN GEDUNG TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN UJUNG BARU BELAWAN MEDAN (MUHAMMAD ADITIA RUSALI, 2014)

PERANCANGAN GEDUNG PERTUNJUKAN SENI DI BANDA ACEH (Deddy Handayani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.