Search :

Advance


PERUBAHAN STRUKTUR MIKRO DAN KETANGGUHAN BAJA KARBON RENDAH AKIBAT PENGELASAN METODE SMAW

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jon Kadri Hamza - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Abstrak Kebanyakan konstruksi baja disambung mengunakan teknik pengelasan. Hasil proses pengelasan dapat menimbulkan perubahan sifat mekanik pada daerah lasan. Oleh karena itu, perubahan yang diakibatkan oleh pengelasan tersebut perlu dikaji untuk menjamin kualitas daerah lasan. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengelasan terhadap perubahan struktur mikro dan kaitannya dengan sifat mekanik yang dihasilkan. Baja karbon rendah dilas menggunakan metode Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan elektroda E7016 diameter 2,6 mm. Jenis kampuh yang digunakan adalah V tunggal dengan sudut kampuh 70o dan posisi pengelasan adalah 1G. Kemudian dilakukan pengujian impak Charpy, kekerasan Rockwell, dan pengamatan struktur makro dan mikro pada daerah lasan meliputi logam induk, daerah Heat Affected Zone (HAZ) dan logaml as. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketangguhan impak tertinggi pada daerah logam las sebesar 251 joule/mm2, dan ketangguhan impak terendah pada daerah terpengaruh panas (HAZ) dengan nilai 119 joule/mm2. Kekerasan daerah lasan diperoleh berturut-turuta dalah 87,6 HRB untuk logam las, 73,9 HRB untuk daerah HAZ dan 67,1 HRB untuk logam induk. Struktur mikro logam las, daerah HAZ dan logam induk terdiri dari ferrit dan pearlite yang terbentuk akibat pengelasan pada baja karbon rendah AISI 1010 dengan pengujian mikroskop optik. Kata Kunci : Baja karbon rendah, SMAW, Impak Charpy, HAZ, Struktur Mikro

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH HEAT TREATMENT TERHADAP PERILAKU KOROSI BAJA KARBON SEDANG (T. Rizki Nanda S, 2016)

PENGARUH TEMPERING TERHADAP PERILAKU KOROSI BAJA KARBON SEDANG (RENHAT, 2016)

SIMULASI EFEK GALVANIK PADA BAJA KARBON SEDANG HASIL TEMPERING MENGGUNAKAN BOUNDARY ELEMENT METHODE (BEM)-3D (M.iqbal, 2017)

ANALISIS KAPASITAS RANGKA BIDANG (PLANE TRUSS) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Armia, 2016)

ANALISIS KAPASITAS RANGKA BIDANG (PLANE TRUSS) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI TINGGI RANGKA ANALISIS KAPASITAS RANGKA BIDANG (PLANE TRUSS) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI TINGGI RANGKA (faisal, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.