Search :

Advance


STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER PADA PEMBANGUNAN UNDERPASS SIMPANG BEURAWE

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fazilatul Husna - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tanah merupakan aspek penting dalam perencanaan konstruksi, oleh karena itu daya dukung tanah merupakan faktor yang menentukan kestabilan, kelayakan dan umur suatu konstruksi. Untuk mencegah keruntuhan tanah akibat tekanan tanah lateral (horizontal), maka perlu dinding penahan tanah. Dinding penahan tanah merupakan salah satu konstruksi pada pembangunan underpass Simpang Beurawe yang berfungsi sebagai penahan tanah agar kondisinya terus stabil dan tidak longsor. Dalam pembangunan dinding penahan tanah harus memperhatikan persyaratan keamanannya, karena sering terjadi hal-hal seperti keruntuhan dan kelongsoran. Perhitungan ini bertujuan untuk mengetahui stabilitas pada dinding penahan tanah yang melingkupi penentuan dimensi dinding penahan tanah dan melakukan perhitungan stabilitas dinding penahan tanah. Hasil perhitungan ini diharapkan dapat mengetahui besarnya stabilitas dinding penahan tanah Simpang Beurawe Kota Banda Aceh Provinsi Aceh akibat tekanan tanah aktif dan berat dinding penahan itu sendiri. Dengan diketahui besarnya nilai stabilitas pada dinding penahan tanah maka dapat diketahui stabilitas faktor keamanan yang memenuhi syarat. Perhitungan dinding penahan meliputi stabilitas terhadap penggeseran, penggulingan dan keruntuhan kapasitas daya dukung. Perhitungan stabilitas dinding penahan tanah diperoleh hasil tekanan tanah aktif sebesar 99,37 kN. Stabilitas penggeseran memiliki nilai sebesar 2,6 > 2 dan stabilitas terhadap penggulingan mendapatkan nilai sebesar 3,5 > 2. Hasil ini menunjukkan bahwa stabilitas penggeseran dan penggulingan sudah memenuhi syarat keamanan yang diizinkan yaitu lebih besar dari 2. Sedangkan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas daya dukung tanah memiliki nilai sebesar 6,4 > 3. Stabilitas daya dukung tanah juga memenuhi syarat keamanan, di mana hasil yang diperoleh lebih besar dari 3. Ini menandakan bahwa dimensi dinding penahan tanah tipe kantilever ini sudah memenuhi faktor keamanan yang diizinkan. Kata kunci : dinding penahan tanah kantilever, stabilitas, penggeseran, penggulingan, kapasitas dukung tanah, faktor keamanan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ALTERNATIF DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER PADA PEMBANGUNAN FLY OVER SIMPANG SURABAYA (Cut Tia Farhadina, 2017)

ALTERNATIF PERKUATAN DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN CUT MUTIA KOTA JANTHO MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS (Faisal, 2016)

KAJIAN STABILITAS LERENG PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - MEULABOH MENGGUNAKAN PROGRAM GEO 5 DAN PENANGGULANGANNYA (Fadhliansyah, 2016)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

ANALISIS KINERJA SIMPANG BPKP AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER DAN UNDERPASS SIMPANG SURABAYA,BANDA ACEH (Zulfahmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.