Search :

Advance


RANCANG BANGUN PROTOTIPE PERAHU PEMBERSIH TAMBAK DENGAN KENDALI JARAK JAUH MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ibnu Gibran Syafiansyah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kebersihan tambak merupakan faktor penting dalam meningkatkan produktifitas usaha budidaya perikanan. Sampah organik dan non-organik pada dasarnya dapat mempengaruhi tingkat kesehatan ikan, udang dan makhluk air lainnya. Salah satu cara menjaga kebersihan tambak adalah melakukan pembersihan secara rutin. Pada umumnya, sampah-sampah tersebut akan diambil dan disingkirkan. Keterlibatan manusia secara langsung sangat dibutuhkan karena harus menelusuri perairan dengan menggunakan perahu. Hal tersebut dapat memakan waktu dan tenaga lebih. Untuk itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat dikendalikan dan dirancang untuk membersihkan sampah tambak yang mengapung. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah prototipe yang dapat dikendalikan menggunakan smartphone melalui jaringan bluetooth untuk membersihkan sampah tambak. Prototipe ini mempunyai berat 12.58 kg dengan volume penampung sampah sebesar 0.12 m3 panjang alas 65 cm, lebar alas 74 cm dan tinggi 50 cm, sebagai pelampung dari penampung sampah digunakan pipa di sisi kiri dan kanan. Prototipe ini menggunakan sebuah arduino uno R3 sebagai mikrokontroller yang terhubung melalui bluetooth ke smartphone. Sebagai penggerak perahu, digunakan dua buah motor DC pada sisi kanan dan kiri perahu. Bluetooth akan menerima data perintah berupa char F, L, R dan S. Kemudian data char yang diterima tersebut diolah pada arduino sehingga menghasilkan output yang berfungsi sebagai penggerak perahu. Kata kuci: remote, module bluetooth, arduino uno R3, smartphone, motor DC

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMANTAUAN SUHU JARAK JAUH BERBASIS GSM (GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE) (Nuzulul Rahmad, 2016)

PERANCANGAN SISTEM PENGAWASAN LEWAT UDARA (AERIAL SURVEILLANCE) MENGGUNAKAN KAMERA WIRELESS DAN HELIKOPTER KENDALI JARAK JAUH (Agusuprianto, 2013)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN (Fathanah, 2015)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN LISTRIRUMAH TANGGA YANG DISUPLAI DUA SUMBER ENERGI YAITU SUMBER DARI PANEL SURYA DAN PLN MEMERLUKAN SISTEM PENGATUR SUPLAI DAYA KE BEBAN, AGAR PERGANTIAN SUPLAI ENERGI LISTRIK KE BEBAN DAPAT BEKERJA SECARA OTOMATIS, SEHINGGA DAPAT DIKATAKAN RUMAH CERDAS. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MERANCANG PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS GUNA MENINGKATKAN KEHANDALAN DALAM SISTEM KELISTRIKAN DARI SEGI KONTINUITAS PENYUPLAIAN DAYA DAN PENGHEMATAN TAGIHAN LISTRIK. MELALUI PROTOTIPE INI SEBAGAI PEMODELAN UNTUK MELIHAT SISTEM KERJA PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK SAAT MENGGUNAKAN SUMBER LISTRIK PANEL SURYA DAN PLN. PROTOTIPE DIRANCANG MENGGUNAKAN PERANGKAT PLC LOGO SIEMENS 12/24RC TIPE 0BA6 SEBAGAI SENSOR TEGANGAN UNTUK MEMBACA TEGANGAN MASUKAN DARI PANEL SURYA DAN PLN. RANCANG BANGUN PROTOTIPE DIMULAI DENGAN MERANCANG RANGKAIAN SENSOR UNTUK INPUT PLC, RANGKAIAN SENSOR YANG DIRANCANG MEMILIKI KELUARAN PADA RANGE TENGAH PLC (0-10V). UNTUK MEMBUAT PROGRAM PADA PLC SEBAGAI SENSOR TEGANGAN DIHITUNG TERLEBIH DAHULU PARAMETER RANGE TEGANGAN SENSOR YANG AKAN DIPROGRAM AGAR SISTEM DAPAT BEKERJA SESUAI INPUT YANG DIBERIKAN, SELANJUTNYA DIRANGKAI RANGKAIAN RELE SESUAI RANGKAIAN KERJA. HASIL DARI DATA YANG DIPEROLEH PROTOTIPE BEKERJA SECARA OTOMATIS PENYUPLAIAN ENERGI KE BEBAN. PADA SIANG HARI SUMBER ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA DISUPLAI OLEH SUMBER PLN DENGAN DAYA TOTAL ADALAH 56 WATT, PANEL SURYA MELAKUKAN PENGECASAN, SEDANGKAN SAAT MALAM HARI DAPAT DISUPLAI OLEH PLN 30 WATT DAN DI-BACK-UP PANEL SURYA 25.8WATT, SERTA SAAT PEMADAMAN LISTRIK PLN DISUPLAI OLEH SUMBER PANEL SURYA DENGAN DAYA SEBESAR 34.4WATT. (NURLAILA AMNA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.