//

SISTEM DETEKSI KEBAKARAN PADA GEDUNG BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika Sri Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Seperti kita ketahui kebakaran merupakan hal yang sangat merugikan, khususnya bagi manusia. Begitu banyak penyebab dan dampak yang diakibatkan oleh kebakaran yang terjadi, mulai dari kehilangan harta bahkan nyawa. Selama ini, ketika terjadi kebakaran pada sebuah gedung biasanya unit pemadam kebakaran akan dihubungi. Namun sering pemadam tersebut sampai dilokasi ketika kebakaran semakin besar. Beberapa faktor memang menjadi kendala pemadam seperti jarak tempuh yang jauh ke lokasi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat meminimalisir kebakaran tersebut agar tidak semakin meluas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu prototipe sistem deteksi bahaya kebakaran pada gedung. Sistem ini dibangun dengan menggunakan PLC sebagai pengendali pada sistem tersebut. Sistem ini terdiri dari sensor asap, alarm, motor pompa, dan sprinkler. Sensor tersebut akan mendeteksi asap dengan jarak deteksi yaitu 1-2 meter per menit. Selanjutnya pompa akan menyala dan sprinkler akan otomatis menyiram ruangan yang terdeteksi asap. Penyiraman akan terus dilakukan sampai sensor tidak mendeteksi asap pada ruangan tersebut. Pada saat asap telah hilang, pompa akan berhenti bekerja secara otomatis dengan pengaturan timer pada PLC yaitu 15 detik. Setelah 15 detik asap tidak lagi terdeteksi, sehingga pompa dan sprinkler akan berhenti bekerja. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototipe yang digunakan sebagai pendeteksi kebakaran pada gedung serta otomatisasi alarm dan sprinkler yang akan meminimalisir kebakaran. Kata kunci : PLC, sensor asap, alarm, motor pompa, sprinkler

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM DETEKSI KEBAKARAN PADA GEDUNG BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) (Rika Sri Rizki, 2017)

EVALUASI RISIKO KEBAKARAN PADA BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dede Hermansyah, 2018)

ANALISIS KAPASITAS FUNGSIONAL RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN DALAM PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN GEDUNG (Muliadi, 2018)

KAJIAN PENGAMANAN BAHAYA KEBAKARAN PADA BANGUNAN GEDUNG THE PADE HOTEL ACEH BESAR (Hasanuddin H, 2018)

RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEBAKARAN ARSIP AKADEMIK BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA328P DAN SMS GATEWAY (Saddam Azmi, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy