Search :

Advance


RANCANG BANGUN PEMUTUS BEBAN LEBIH PADA TEGANGAN 220VAC BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Surkani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemutus beban lebih yang digunakan pada instalasi listrik pada umumnya menggunakan Miniature Circuit Breaker (MCB). Apabila terjadi beban lebih, bimetal pada MCB akan melengkung karena adanya panas (thermal) yang disebabkan oleh kelebihan beban sehingga bimetal menarik komponen trip dan memutus seluruh beban pada MCB. Penelitian ini membahas tentang pemutusan beban lebih dengan menggunakan Arduino Uno sebagai mikrokontroller dengan membagi beban menjadi beban prioritas dan beban non-prioritas, sensor arus YHDC SCT – 013 – 000 sebagai perangkat input dimana sensor ini berfungsi untuk mengukur besar arus pada beban serta relai sebagai perangkat output yang berfungsi sebagai pemutus beban lebih. Prinsip kerja pemutus beban lebih ini adalah jika nilai arus yang terukur pada sensor arus telah melebihi batas arus yang ditentukan, maka Arduino Uno akan memberikan sinyal masukan ke relai untuk memutus beban – beban non-prioritas sehingga tidak terjadi trip pada MCB. Kata kuci: MCB, Arduino Uno, Sensor Arus YHDC SCT – 013 – 000, Relai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM MANAJEMEN DAYA LISTRIK SURYA PADA GEDUNG BERBASIS ARDUINO (M. Darianzhah Putra, 2017)

RANCANGAN SISTEM PENGATURAN KERJA DUA BATERAI SEBAGAI SUPLAI ENERGI MOTOR DC (Sanusi, 2016)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PELAPORAN LOKASI TAKSI DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO GPS SHIELD BERBASIS GOOGLE MAPS (Ichwal Afrisyah, 2016)

DESAIN DAN PEMBUATAN KONTROL OTOMATIS BEBAN LISTRIK RUMAH TANGGA BERBASIS MIKROKONTROLER (Rahmiati, 2015)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN LISTRIRUMAH TANGGA YANG DISUPLAI DUA SUMBER ENERGI YAITU SUMBER DARI PANEL SURYA DAN PLN MEMERLUKAN SISTEM PENGATUR SUPLAI DAYA KE BEBAN, AGAR PERGANTIAN SUPLAI ENERGI LISTRIK KE BEBAN DAPAT BEKERJA SECARA OTOMATIS, SEHINGGA DAPAT DIKATAKAN RUMAH CERDAS. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MERANCANG PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS GUNA MENINGKATKAN KEHANDALAN DALAM SISTEM KELISTRIKAN DARI SEGI KONTINUITAS PENYUPLAIAN DAYA DAN PENGHEMATAN TAGIHAN LISTRIK. MELALUI PROTOTIPE INI SEBAGAI PEMODELAN UNTUK MELIHAT SISTEM KERJA PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK SAAT MENGGUNAKAN SUMBER LISTRIK PANEL SURYA DAN PLN. PROTOTIPE DIRANCANG MENGGUNAKAN PERANGKAT PLC LOGO SIEMENS 12/24RC TIPE 0BA6 SEBAGAI SENSOR TEGANGAN UNTUK MEMBACA TEGANGAN MASUKAN DARI PANEL SURYA DAN PLN. RANCANG BANGUN PROTOTIPE DIMULAI DENGAN MERANCANG RANGKAIAN SENSOR UNTUK INPUT PLC, RANGKAIAN SENSOR YANG DIRANCANG MEMILIKI KELUARAN PADA RANGE TENGAH PLC (0-10V). UNTUK MEMBUAT PROGRAM PADA PLC SEBAGAI SENSOR TEGANGAN DIHITUNG TERLEBIH DAHULU PARAMETER RANGE TEGANGAN SENSOR YANG AKAN DIPROGRAM AGAR SISTEM DAPAT BEKERJA SESUAI INPUT YANG DIBERIKAN, SELANJUTNYA DIRANGKAI RANGKAIAN RELE SESUAI RANGKAIAN KERJA. HASIL DARI DATA YANG DIPEROLEH PROTOTIPE BEKERJA SECARA OTOMATIS PENYUPLAIAN ENERGI KE BEBAN. PADA SIANG HARI SUMBER ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA DISUPLAI OLEH SUMBER PLN DENGAN DAYA TOTAL ADALAH 56 WATT, PANEL SURYA MELAKUKAN PENGECASAN, SEDANGKAN SAAT MALAM HARI DAPAT DISUPLAI OLEH PLN 30 WATT DAN DI-BACK-UP PANEL SURYA 25.8WATT, SERTA SAAT PEMADAMAN LISTRIK PLN DISUPLAI OLEH SUMBER PANEL SURYA DENGAN DAYA SEBESAR 34.4WATT. (NURLAILA AMNA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.