Search :

Advance


PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA SD NEGERI 08 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi Zulyana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmi Zulyana. 2017. Penerapan Disiplin Belajar pada Siswa SD Negeri 08 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: Kata Kunci: Penerapan, Disiplin, Belajar. Disiplin adalah sikap mentaati peraturan dan ketentuan yang telah diterapkan. Hal ini merupakan kunci keberhasilan, karena dalam disiplin tumbuh sikap tekun dalam belajar, pantang mundur dalam kebenaran, rela berkorban, dan tidak putus asa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara penerapan disiplin belajar siswa SD Negeri 08 Banda Aceh, untuk mengetahui faktor pendukung penerapan kedisiplinan pada siswa SD Negeri 08 Banda Aceh dan untuk mengetahui kendala dalam penerapan kedisiplinan pada siswa SD Negeri 08 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh wali kelas yang berjumlah 10orang guru.Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan dilakukan oleh guru dengan cara membiasakan siswa disiplin dalam belajar dan memberikan keteladanan bagi siswa. Guru mengarahkan siswa untuk tertib dalam belajar, mempersiapkan peralatan yangdibutuhkan dalam belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, mengarahkan siswa berpakaian rapi dan sopan, mengarahkan siswa disiplin dalam menggunakan waktu dan tidak bermain-main saat jam belajar dansiswa tidak diperbolehkan keluar masuk kelas tanpa seizin guru. Terdapat beberapan faktor pendukung bagi guru dalam melakukan peningkatan kedisiplinan siswa yaitu adanya sikap siswa yang mau terbuka terhadap nasehat guru, tidak ada yangmemotivasi dalam hal belajar disiplin ketika berada dirumah dan kondisi lingkungan dan teman yang belum memberikancontoh yang baik bagi siswa lainnya terhadap arti tata tertib sekolah dengan baik. Simpulan penelitian ini adalah bahwa guru telah menerapkan kedisiplinan belajar pada siswa di SD Negeri 08 Banda Aceh. Sikap disiplin siswa dapat berkembang dengan baik karena adanya keteladanan yang ditunjukkan guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2, SMP NEGERI 8 DAN SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (irhamiati, 2017)

HUBUNGAN DISIPLIN DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 PEUDAWA KABUPATEN ACEH TIMUR (MUSLAILY, 2015)

TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (muhammad iqbal, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMK-SMTI NEGERI BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (yulia z, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Salmiah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.