Search :

Advance


OPTIMASI KOMPOSISI ALUMINIUM OKSIDA (AL2O3) DAN SERBUK TULANG AYAM KAMPUNG UNTUK APLIKASI ALTERNATIF PHANTOM TULANG KORTIKAL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riski Rahmania - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Phantom merupakan suatu permodelan dari jaringan tubuh manusia yang digunakan dalam bidang radiologi untuk evaluasi kualitas gambar radiografi secara realistis. Penggunaan phantom bertujuan menghindari paparan radiasi yang dapat mengionisasi jaringan jika digunakan bagian nyata tubuh manusia. Pembuatan phantom dalam dunia medis cukup mahal, padahal penyusun phantom yaitu Calsium Hidroksiapatit (CaHA) dapat diperoleh dari limbah tulang ayam kampung. Nilai koefesien atenuasi (μ) dari phantom alternatif dibandingkan dengan nilai koefesien atenuasi (μ) tulang kortikal forearm yaitu 0,293 cm-1 sebagai nilai acuan pembuatan phantom. Untuk pembuatan phantom, tulang ayam kampung direndam dengan NaOH dan dikeringkan. Tulang ayam kering ditumbuk dan di-milling dengan kecepatan putaran 250 rpm kemudian dikalsinasi pada suhu 1000oC. Untuk mengetahui kandungan unsurnya dilakukan pengujian XRF. Sampel dibuat dengan variasi komposisi Al2O3-resin polyester-serbuk tulang ayam kampung dan Al2O3-resin polyester dengan kandungan Al2O3 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, dan 60%. Setelah sampel diekspose sinar-X menggunakan tegangan 46 kV dan 55 kV dengan arus 16 mA, selama 0,125 s dan FFD 100 cm. Selanjutnya dihitung nilai densitas optik dan nilai rata-rata kontras film (G ̅) untuk mendapatkan nilai koefesien atenuasi (μ). Berdasarkan pengujian XRF, unsur kalsium banyak terkandung didalam tulang ayam kampung dengan persentase 84,32%. Komposisi paling optimum untuk pembuatan phantom alternatif yaitu pada variasi komposisi Al2O3-resin polyester-serbuk tulang ayam kampung dengan nilai μ sebesar 0,291 cm^(-1).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PENAMBAHAN PROBIOTIK AMPAS KEDELAI DAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI ASPERGILLUS NIGER(AKBIS PROB) TERHADAP PERTUMBUHAN TULANG AYAM BROILER (APRILIA TANJUNG, 2016)

PENGARUH VARIASI WAKTU TAHAN SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK COATING DENTAL IMPLANT BERBASIS HAP DARI TULANG SAPI (MAISARAH, 2015)

PENGARUH VARIASI WAKTU TAHAN SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG TELUR AYAM RAS SEBAGAI KANDIDAT BONE GRAFT (APRILIYANI ARISKA PUTRI, 2016)

GAMBARAN RADIOLOGI PENYEMBUHAN FRAKTUR TIBIA DENGAN RNPIN INTRAMEDULLAR DAN PEMBERIAN KULIT BATANG RNTALAS KIMPUL (XANTHOSOMA VIOLACEUM SCHOTT) PADA RNAYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) (MUHAMMAD HAIKAL ZULFAHMI, 2014)

KONSENTRASI HORMON TESTOSTERON AYAM KAMPUNG, AYAM HUTAN,DAN AYAM BANGKOK (Fadila Hayati Abdillah Ginting, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.