Search :

Advance


RANCANG BANGUN APLIKASI BERGERAK BERBASIS OPEN DATA KIT (ODK) SEBAGAI ALAT PENGUMPUL DAN ANALISIS DATA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Khadafi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Pendataan dengan MDCS (Mobile Database Collection System) adalah cara yang efektif dalam mendata dewasa ini, salah satu adalah ODK (Open Data Kit) berupa tools bantu untuk melakukan pendataan dengan perangkat smartphone. MDCS cocok diterapkan dalam Penataan dan Pemerataan Guru (PPG). Sebelumnya PPG memerlukan tenaga operator untuk mendata dengan membagikan kuisioner, menyebabkan timbulnya kekeliruan dalam pengentrian data oleh operator dan memerlukan waktu yang relatif panjang. Penelitian ini bertujuan terciptanya prototipe aplikasi PPG berbasiskan ODK dengan mengurangi kekeliruan dalam pengentrian data, sebab dientri langsung oleh user. Pengujian dilakukan dengan cara meng-capture pengiriman data atau file dari smartphone dan data atau file diterima pada server. Hasil dari 30 kali percobaan pada form individu guru dan form sekolah menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan rerata 10 detik baik untuk uplink dan untuk downlink. pada saat tertentu dapat mencapai hingga 50 detik yaitu pada saat koneksi tidak stabil pada jam sibuk. Namun pada umumnya proses uplink maupun downlink membutuhkan waktu di bawah 1 menit yang menunjukkan waktu lebih efektif dibandingkan dengan cara yang konvensional dengan cara membagikan kuisioner berupa kertas untuk dientri kembali oleh operator dengan waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan PPG berbasis ODK. Kata Kunci— aplikasi, bergerak, pengumpuanl, smartphone, ODK

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN PINTU OTOMATIS BERBASIS BARCODE DAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 (Ivada Gemala Suhana , 2014)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016)

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK POSYANDU BERBASIS KOMPUTASI AWAN (Rahmat Effendi, 2015)

RANCANG BANGUN PROTOTYPE PLTPH MENGGUNAKAN TURBIN OPEN FLUME (Afryantima Siregar, 2015)

PEMBUATAN APLIKASI ATMKU MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO (Heri Prianto, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.