Search :

Advance


MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 328 PADA PROSES DEKOMPOSISI PUPUK KOMPOS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vandra Diza K - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Dalam proses pembuatan pupuk kompos terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi tingkat kematangan pupuk diantaranya adalah faktor suhu dan kelembaban. Suhu yang dianjurkan untuk melakukan proses dekomposisi (pembusukan) ialah 38ºC sedangkan untuk kelembaban 60%. Pada set point tersebut aktifitas mikroorganisme yang membantu proses pembusukan dapat bekerja secara optimal. Dalam beberapa kasus, pemantauan suhu dan kelembaban pada proses dekomposisi dilakukan secara manual dan mengikuti kebiasaan para petani, sehingga waktu dan kinerja pembudidaya tidak efisien. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut pada penelitian ini akan dirancang suatu sistem yang dapat memantau suhu dan kelembaban secara otomatis menggunakan sensor suhu DS18B20 dan sensor kelembaban tanah DFRobots V2 (Soil Moisture). Dalam implementasinya, probe sensor tersebut dibenamkan kedalam tumpukan pupuk kompos, kemudian sensor akan mendeteksi suhu dan kelembaban tumpukan kompos tersebut. Data yang didapatkan sensor diubah kedalam bentuk digital oleh ADC pada mikrokontroler. Dengan menggunakan sistem ini pemantauan telah dilakukan secara otomatis dan didapatkan informasi tentang suhu serta kelembaban mulai dari tahap pencampuran bahan, dekomposisi hingga pupuk matang. Dan efisiensi menggunakan sistem ini pada proses pematangan pembuatan pupuk lebih cepat dibandingkan pemantauan yang dilakukan secara manual. Kata kunci: Pemantauan, Set Point, Pematangan, Dekomposisi, Soil Moisture, Kompos, ADC, Mikrokontroler

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN MESIN PENGERING HASIL PERTANIAN SECARA KONVEKSI DENGAN ELEMEN PEMANAS INFRARED BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DENGAN SENSOR DS18B20 (El Zaky Rizki Hakim, 2017)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG (ALLIUM ASCALONICUM L.)SEBAGAI EFEK PEMBERIAN PUPUK KOMPOS KIRINYUH (CHROMOLENA ODORAT) DAN PUPUK NPK (syarfianda, 2015)

PEMBUATAN SISTEM KEAMANAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS SMS GATEWAY DENGAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 (Airimeriyansari, 2014)

PENGARUH LERENG DAN PUPUK ORGANIK TERHADAPRNKEHILANGAN HARA PADA AREAL TANAMAN KENTANGRN(SOLANUM TUBEROSUM L.) DI KECAMATAN ATU LINTANGRNKABUPATEN ACEH TENGAH (USWATUN HASANAH, 2014)

RANCANG BANGUN PINTU OTOMATIS BERBASIS BARCODE DAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 (Ivada Gemala Suhana , 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.