//

STUDI BIOBRIKET BATUBARA LIGNIT DENGAN PENAMBAHAN UBI KARET (MANIHOT GLAZIOVII)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chairunnisak - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemanfaatan biobriket batubara sebagai bahan bakar padat belum terlalu luas dibandingkan dengan gas alam dan minyak bumi. Berdasarkan hasil analisis ultimate dan proximate, batubara memiliki nilai kalor 5349 Kkal/kg dan Ubi karet (biomassa) memiliki nilai kalor 3319 Kkal/kg. Bahan ubi karet memiliki nilai kalor rendah dan tidak termasuk ke dalam bahan makanan karena mengandung unsur kimia asam sianida yang bersifat racun. Penelitian ini dilakukan untuk memanfaatkan biomassa menjadi biobriket yang memiliki nilai tambah , dan menjadi energi padat yang ramah lingkungan. Ada dua faktor untuk menentukan kualitas biobriket yaitu pengaruh variasi rasio pencampuran, pengaruh tekanan pengepresan dan ukuran partikel. Pembuatan biobriket meliputi penghancuran, pengeringan, pengecilan ukuran, pengayakan, pencampuran, pencetakan dan pengujian. Biobriket yang dihasilkan berbentuk silinder memiliki diameter 3 cm dengan tekanan pengepresan 7 metrik ton. Analisis biobriket meliputi uji kuat tekan, uji densitas dan relaksasi, uji kadar air, kadar abu, uji zat terbang, uji karbon tetap dan uji nilai kalor. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini ialah memberikan nilai jual yang tinggi pada batubara tingkat rendah dan menjadi salah satu alternatif produk bahan bakar padat dan ramah lingkungan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk keperluan memasak. Berdasarkan hasil pengujian, biobriket terbaik memiliki ukuran partikel 60 mesh. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ukuran partikel terbaik berada pada pencampuran batubara dan ubi karet dengan rasio 9 : 1, jumlah nilai kalor tertinggi mencapai 5146 Kkal/kg. Kata kunci: batubara, biobriket, biomassa, uji mekanik, uji sifat fisik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA LAMARCK) PADA PADI SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN RENDAMAN AIR KAPUR SIRIH (CACO3) DAN EKSTRAK DAUN UBI KARET (MANIHOT GLAZIOVII M.A.) (Devi Handayani, 2017)

KAJI EKSPERIMENTAL SIFAT - SIFAT BATUBARA MUDA PADA TEMPERATUR UDARA PENGERINGAN 150ºC (Jamlis, 2018)

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN MENAMBAHKAN 1% DAN 2% PARUTAN KARET BAN DALAM KENDARAAN RODA 4 (Muhammad Amin, 2018)

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN PARUTAN BAN DALAM BEKAS TERHADAP CAMPURAN BETON ASPHALT CONCRETE BINDER COURSE (AC-BC) DENGAN CARA KERING (DRY PROCESS) (FARACH DINA, 2017)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy