Search :

Advance


PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN SELF ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ismi Amalia Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Ismi Amalia Sari (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Saintifik dengan Self Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal berbentuk pemecahan masalah masih tergolong rendah. Kurikulum 2013 menuntut peserta didik harus mampu dalam pemecahan masalah, proses pembelajarannyapun menuntut pada pendekatan saintifik. Proses pembelajaran yang menekankan pada pendekatan saintifik menuntut peserta didik untuk lebih aktif. Namun, dalam proses pembelajaran kesulitan yang dialami peserta didik sering tidak diketahui dengan baik oleh guru, karena proses pembelajaran yang dilakukan di kelas kurang memberi informasi tentang kesulitan yang dialami peserta didik. Melalui self assessment yang dilakukan peserta didik dapat membantu peserta didik mengetahui kesulitan yang dialaminya, sehingga dapat dilakukan strategi-strategi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang membantu peserta didik agar lebih aktif serta melakukan penilaian terhadap kemampuannya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran saintifik dengan self assessment untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Dick and Carey yang terdiri dari sembilan tahapan yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran, analisis pembelajaran, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan butir tes, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan merevisi bahan pembelajaran. Uji coba perangkat dilakukan di MTsN Rukoh Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran saintifik dengan self assessment memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dengan demikian, guru dan peserta didik dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, perangkat pembelajaran, saintifik, self assessment

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUKRNMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF RNDAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (Jumiati, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Muhsin, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (Muhammad Juanda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.