Search :

Advance


PENENTUAN LITOLOGI BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN NILAI POISSON RATIO AREA GEMPA BUMI MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN MASW DI KECAMATAN PANTERAJA, PIDIE JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hayatul Muna - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini tentang penentuan litologi bawah permukaan yang telah dilakukan dengan mengkombinasikan Metode Seismik Refraksi dan Multichannel Analysis of Surface Wave (MASW) di area gempa bumi Pidie Jaya yaitu di Kecamatan Pateraja yang terdiri dari Gampong Keude, Gampong Hagu dan Gampong Masjid. Setiap gampong dilakukan satu kali pengukuran data seismik refraksi dan satu kali pengukuran data MASW. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan litologi bawah permukaan berdasarkan distribusi nilai Poisson ratio. Pengukuran data untuk kedua metode tersebut menggunakan Seismograph PASI 16S-24P. Data seismik refraksi diolah menggunakan ZondST2D untuk memperoleh penampang Vp, sedangkan data MASW diolah menggunakan SeisImager untuk mendapatkan penampang Vs. Kedua data tersebut digunakan untuk memperoleh nilai distribusi Poisson ratio yang diplot dengan menggunakan Surfer 11. Distribusi Poisson ratio di gampong Keude terdiri dari 0,43 – 0,46 yang diperkirakan sebagai lapisan lempung jenuh dan berada pada kedalaman 0 – 3 meter sedangkan untuk nilai Poisson ratio 0,22 – 0,31 diprediksi sebagai jenis lempung berpasir yang berada pada kedalaman 4 – 7 meter dan nilai Poisson ratio 0,31 – 0,37 (berada pada kedalaman 3 – 4 meter) dan 0,37 – 0,43 (berada pada kedalaman 7- meter) diketahui sebagai lapisan silt (lanau). Untuk Gampong Hagu, Poisson ratio yang bernilai 0,44 – 0,47 diinterpretasikan sebagai lempung jenuh yang terdapat pada kedalaman 0 – 5 meter, sementara untuk nilai 0,38 – 0,44 diperkirakan sebagai silt (lanau) berada pada kedalaman 5 – meter. Nilai Poisson raio di Gampong Masjid terdiri dari 0,45 – 0,48 diprediksikan juga sebagai lempung jenuh yang terdapat pada kedalaman 0 – 7 meter. Sedangkan pada kedalaman 7 – 12 meter dengan nilai Poisson ratio 0,38 – 0,45 diduga sebagai silt (lanau). Hasil analisis Poisson ratio dari ketiga lokasi penelitian menunjukkan adanya potensi likuifaksi dari pergerakan tanah yang disebabkan oleh gempa bumi. Kata Kunci: gempa bumi, Pidie Jaya, seismik refraksi, MASW, Poisson ratio, likuifaksi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI POTENSI LIKUIFAKSI BERDASARKAN POISSON’S RATIO DI KECAMATAN MEURAH DUA, PIDIE JAYA (Sinta Mandasari, 2017)

ANALISIS KARAKTERISTIK LAPISAN TANAH BERDASARKAN VP/VS RATIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN MASW DI KECAMATAN TRIENG GADENG, PIDIE JAYA (Hari Apryana, 2017)

MAPPING KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) DI KECAMATAN BAITUSSALAM, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) (Fathur Ridha, 2016)

ANALISIS VP/VS RATIO MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVES DI AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA (Tika Hapsari, 2016)

ANALISIS GELOMBANG GESER (GELOMBANG S) MENGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DI DESA DATA MAKMUR BLANG BINTANG ACEH BESAR (Sudirman, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.