//

ANALISA PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN AIR KOTOR (STUDI KASUS GEDUNG ASRAMA RUSUNAWA KEMENPERA PUTRA UNSYIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrur Razi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Air merupakan kebutuhan dasar manusia. Dalam kehidupan manusia air digunakan untuk minum, mandi dan rekreasi. Pemenuhan air bersih di gedung asrama rusunawa kemenpera putra unsyiah dengan menyediakan sumber air dari deep well. Sistem penyediaan air di gedung asrama rusunawa kemenpera putra unsyiah yaitu sistem tangki atap. Sistem tangki atap untuk mendistribusikan air dari tangki keseluruh bangunan. Sumber air limbah domestik langsung dibuang melewati pipa ke saluran drainase. Laporan ini akan membahas mengenai kajian kebutuhan air bersih dan air kotor asrama rusunawa kemenpera putra unsyiah. Demi mendukung kapasitas dan fungsinya, yaitu sebagai sarana penginapan, maka jumlah suplai penyediaan air bersih harus dengan kualitas yang baik, pembuangan air kotor yang tiada hambatan mutlak dilakukan. Penyediaan air bersih masih kurang lancar mengakibatkan kekurangan air bersih pada gedung Asrama Rusunawa Kemenpera Putra Unsyiah. Dimensi saluran yang ada juga masih kecil untuk menampung air limpasan gedung asrama. Pada analisis ini perhitungannya menggunakan metode jumlah pemakai (penghuni dan pengunjung). kemudian menghitung debit air bersih dan air, debit air kotor dan menghitung debit limpasan. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan air bersih dan penyaluran air buangan dari dalam maupun luar gedung. Perhitungan debit buangan untuk mengetahui dimensi saluran Gedung Asrama Rusunawa Kemenpera Putra Unsyiah. Pengumpulan data di lakukan melalui studi literatur serta menggunakan data yang dimiliki oleh Kepala Asrama Unsyiah. Jumlah penghuni Gedung Asrama Rusunawa Kemenpera putra Unsyiah berjumlah 114 orang dengan kebutuhan air bersihnya sebesar 13,86 m3/hari dan pengunjung 30 orang dengan kebutuhan air bersihnya sebesar 0.180 m3/hari. Untuk analisa volume air buangan penghuni sebesar 10,94 m3/hari dan pengunjung sebesar 0,144 m3/hari. Debit limpasan sebesar 0,026 m3/det. Analisa rencana dimensi saluran yang akan mengaliri air buangan yaitu dengan lebar saluran 0.530 m, tinggi aliran 0,265 m dan tinggi jagaan 0,08 m.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN AIR KOTOR (STUDI KASUS GEDUNG ASRAMA MAHASISWA ACEH BARAT DAYA) (Muldianur, 2018)

ANALISA PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN AIR KOTOR (STUDI KASUS GEDUNG RUSUNAWA KEUDAH) (Ikmal, 2018)

ANALISA PERENCANAAN POMPA SENTRIFUGAL UNTUK MENAIKKAN AIR DARI RESERVOIR KE ROOF TANK GEDUNG FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Fachtur Rahman, 2018)

KAJIAN KEANDALAN UTILITAS BANGUNAN GEDUNG RUSUNAWA DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (RAJA IDIN, 2018)

ESTIMASI KEBUTUHAN TULANGAN KOLOM LANTAI I PADA BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH (ZAKIRULLAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy