//

UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI PRILAKU AGRESIF PADA ANAK DI RUSUNAWA KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza Saifutra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci :upaya orang tua, perilaku agresif, anak. Penelitian berjudul “Upaya Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Agresif pada Anak di Rusunawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku agresif anak dan upaya yang dilakukan orang tua dalam mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para orangtua dari anak yang ada di Rusunawa berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan berupa wawancara secara mendalam dan observasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif anak berbentuk agresif verbal (menyerang dengan kata-kata) seperti; memaki, berbicara kasar, mengejek, membully dan agresif non verbal (menyerang dengan perbuatan) seperti; berkelahi, memukul, menyerang orang lain, suka bertengkar, dan mengganggu sesama. Upaya yang dilakukan orang tua dalam membina perilaku tersebut dengan cara; memberikan contoh yang baik, menyekolahkan anak di sekolah umum dan agama, menasehati ketika anak berbuat salah, membiasakan anak menghormati sesama, dan memberikan teguran ketika anak melakukan kesalahan. Namun upaya yang dilakukan tersebut belum optimal, karena kesibukan mereka dalam bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga menyebabkan tidak ada waktu yang optimal untuk membina dan membimbing anak dengan baik dan benar. Disarankan kepada para orang tua agar lebih mengoptimalkan waktu dalam memberikan perhatian yang lebih baik kepada anak-anaknya agar perilaku agresif dapat diminimalkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN ORANG TUA TERHADAP SOSIALISASI POLITIK PADA ANAK DALAM KELUARGA DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN DESA LAMPASEH KOTA KECAMATAN KUTARAJA, BANDA ACEH. (Salmi Fitriani, 2013)

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMA TERPADU BUSTANUL ULUM KECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (Zulaiha, 2018)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON TAYANGAN KEKERASANRNDI TELEVISI DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SEKOLAHRNDASAR KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (HUSNA, 2015)

HAMBATAN GURU DALAM MENGATASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 57 BANDA ACEH (SITTI ABIDAH, 2018)

UPAYA ORANG TUA MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA DI DESA PASI LHOK KECAMATAN KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE (Irwan Asopa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy