//

PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Windasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif serta hubungan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Babun Najah Banda Aceh pada 23 April sampai dengan 12 Mei 2016. Metode yang digunakan true-eksperimental dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi berasal dari empat kelas yaitu XI MIA-1, XI MIA-2, XI MIA-3 dan XI MIA-4, sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA-1 sebagai kelas kontrol dan XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan lembar inventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan uji independent samples t-test dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Hubungan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar kognitif dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan hubungan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh nilai korelasi positif dengan kategori kuat, yang berarti bahwa semakin tinggi kesadaran metakognitif maka semakin meningkat hasil belajar kognitif peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa model guided discovery dapat meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik, serta terdapat hubungan yang kuat antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di MAS Babun Najah Banda Aceh. Kata Kunci: Guided Discovery, Kesadaran Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Reproduksi Manusia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TIPE GUIDED DISCOVERY DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMAN 16 BANDA ACEH (Saidatunnisa, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN 3 BENER MERIAH (Rahayu Wulandari, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy