Search :

Advance


PROTOTIPE PEMANTAUAN KADAR PH DAN KONTROL SUHU SERTA PEMBERIAN PAKAN OTOMATIS PADA PEMBESARAN BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG BERBASIS ARDUINO UNO

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Al Qalit - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Dalam hal budidaya lele sangkuriang ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti suhu air, kadar pH dan pemberian pakan yang harus sesuai dengan pertumbuhan harian lele. Secara tradisional pengecekan kondisi air kolam dilakukan rutin dengan memperhatikan warna air dan bau, metode tradisional masih terdapat kekurangan akurasi dan efisiensi waktu. Dalam penanganan pemberian pakan digolongkan berdasarkan umur mingguan untuk masing-masing jenis pakan. Oleh karena itu, sistem otomatisasi dibutuhkan dalam hal ini untuk mengatasi akurasi pengecekan dan rutinitas pemberian pakan. Dengan memanfaatkan sistem mikrokontroller yang dihubungkan pada sensor suhu, pH Meter, sensor Water Level maka pemantauan dan kontrol kondisi air dan pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan usia perkembangan ikan lele dapat dilakukan secara otomatis. Hasil didapati air berhasil dikuras dan dipasok secara otomatis apabila kondisi air melewati batas wajar bagi pertumbuhan lele tersebut, jadwal pemberian pakan berhasil, dan data pengecekan kondisi kolam dapat dipantau melalui layanan Ubidots IoT Cloud yang dikirim melalui Ethernet Shield, serta notifikasi ke Email/SMS berhasil diterima ketika terpenuhi Event Trigger Ubidots. Kata Kunci : Lele Sangkuriang, pemberian pakan, sensor suhu, pH Meter, Water Level,EthernetShield, Ubidots IoT Cloud, mikrokontroller.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERBEDAAN WAKTU PEMBERIAN PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN SINTASAN BENIH IKAN LELE SANGKURIANG (CLARIAS GARIEPINUS VAR) (HERIANSYAH.T.A, 2015)

PENGARUH EKSTRAK METANOL DAUN KECUBUNG (DATURA METEL L.) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN LELE SANGKURIANG (CLARIAS GARIEPINUS) (Nursiah, 2014)

KERAGAAN NITROGEN DAN T-PHOSFAT PADA PEMANFAATAN LIMBAH BUDIDAYA IKAN LELE (CLARIAS GARIEPINUS) OLEH IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI)DENGAN SISTEM RESIRKULASI (AFRIANSYAH, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN TUMBUHAN MATA LELE (AZOLLA PINNATA) TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN IKAN LELE DUMBO (CLARIAS FUSCUS) (Cut Nazia Izzati, 2015)

EFEK PEMBERIAN TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB.) DALAM PAKAN TERHADAP KADAR AMONIA MEDIA HIDUP DAN BERAT BADAN IKAN NILA(OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBERI CEKAMAN PANAS (Wahyu Syah Putra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.