Search :

Advance


PERANCANGAN MESIN PENGERING HASIL PERTANIAN SECARA KONVEKSI DENGAN ELEMEN PEMANAS INFRARED BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DENGAN SENSOR DS18B20

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang El Zaky Rizki Hakim - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Proses pengeringan merupakan salah satu proses pengolahan hasil pertanian dalam industri. Pengeringan bertujuan untuk mengawetkan dan mencegah mikroorganisme yang akan membuat suatu produk cepat kadaluarsa. Penelitian ini telah dirancang suatu oven yang mempunyai sistem yang mengontrol suhu dan udara saat pengeringan menggunakan 2 sensor suhu DS18B20 pada posisi di atas dan di bawah produk serta 1 sensor kelembaban udara DHT22. Sensor DS18B20 diletakkan dekat dengan elemen pemanas sebagai pendeteksi suhu sumber panas serta sensor DHT22 diletakkan di tengah oven sebagai pemantau kelembaban dan suhu udara dalam oven. Data yang didapatkan sensor di olah oleh mikrokontroler Arduino dan dapat dilihat pada perangkat komputer. Penelitian sistem yang telah dirancang dapat melakukan proses pengeringan dan dapat juga memantau suhu dan kelembaban terhadap objek pada saat proses pengeringan dengan suhu 60°C serta dapat mengeringkan dari kelembaban 62,20% menjadi 26% dalam waktu kurang dari 6 jam. Kata kunci: Pengering konveksi, Elemen Pemanas Infrared, Sensor DHT22, Sensor DS18B20, Arduino Uno

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN PURWARUPA MESIN PENGERING BUAH DENGAN ELEMEN PEMANAS INFRARED BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN SENSOR LM35 (Mario Suardy, 2016)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMANTAUAN SUHU JARAK JAUH BERBASIS GSM (GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE) (Nuzulul Rahmad, 2016)

PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI KRAN PENCUCI TANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535 DAN SENSOR PASSIVE INFRARED RECEIVER (PIR) (waskitahadi, 2013)

DESAIN DAN PEMBUATAN KONTROL OTOMATIS BEBAN LISTRIK RUMAH TANGGA BERBASIS MIKROKONTROLER (Rahmiati, 2015)

PROTOTIPE SISTEM PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERDASARKAN KELEMBABAN TANAH BERBASIS MIKROKONTROLER (M. Alfurqan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.