Search :

Advance


DESAIN PROTOTYPE SEL SURYA TERKONSENTRASI MENGGUNAKAN LENSA FRESNEL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Syahbanna A - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Matahari merupakan sumber energi terbarukan yang memeiliki potensi yang sangat besar sebagai pengganti energi fosil yang selama ini terus berkurang. Letak geografis indonesia yang dilalui garis khatulisiwa menyebabkan indonesia memiliki sumber energi yang berlimpah, serta memiliki kondisi cuaca cerah pertahun dan lama penyinaran yang tinggi, sehingga mampu dijadikan sebagai energi alternatif pembangkit. Untuk itu dilakukan pengembangan dalam meningkatkan efisiensi energi terbarukan salah satunya adalah sel surya dengan menggunakan lensa fresnel sebagai konsentrasi energi cahaya matahari untuk meningkatkan daya keluaran sel surya. Lensa fresnel diletakan diatas sel surya pada jarak 20.4cm ( 0,6f) sejajar sumbu utama dari lensa, sehingga bias cahaya yang dihasilkan oleh lensa akan tepat jatuh ke bagian sel surya. Radiasi cahaya dapat ditingkatkan mengguanakan lensa fresnel hingga 2,17 dioptri dari cahaya sebelumnya dengan menggunakan lensa akan mempengaruhi besarnya daya keluaran dari sel surya, sehingga daya keluaran setelah menggunakan lensa sebesar 0,5776 mW dengan tegangan 0,76 V dan arus 0,76 mA. Perbandingan luas sel surya dengan luas lensa fresnel 1:8,48 dan peningkatan daya keluaran sebesar 69,82%

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGGUNAAN LENSA KONTAK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (irmaedah putri adriansyah, 2013)

PENGETAHUAN PENGGUNAAN LENSA KONTAK MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 (musallina, 2015)

PROTOTIPE PEMANFAATAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER ENERGI PADA SISTEM OTOMASASI ATAP STADION BOLA (Andi Julisman, 2017)

KAJI EKSPERIMENTAL KOLEKTOR SURYA DILENGKAPI MATERIAL PENYIMPAN ENERGI PANAS (T.M. INDRA RIAYATSYAH, 2014)

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.