Search :

Advance


APLIKASI METODE PENGINDERAAN JAUH MENGGUNAKAN DATA DEM SRTM DAN CITRA LANDSAT UNTUK KAJIAN PANAS BUMI DI PULAU WEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Laura Vadzla H - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian aplikasi metode penginderaan jauh menggunakan data DEM SRTM dan Citra Landsat telah dilakukan di Pulau Weh. DEM SRTM digunakan untuk analisis struktur sesar dan rekahan pembentuk manifestasi panas bumi melalui peta Fault Fracture Density (FFD). Kelurusan-kelurusan ditarik secara manual berdasarkan perbedaan rona warna pada shaded relief image. Jumlah dari panjang tiap kelurusan yang berada dalam satu grid (500 x 500 m) dihitung untuk diinterpolasikan menjadi sebaran anomali densitas kelurusan di Pulau Weh. Citra Landsat digunakan untuk interpretasi keadaan vegetasi dan distribusi suhu permukaan tanah di kawasan panas bumi. Sebaran vegetasi diperoleh menggunakan transformasi Normalized Difference Vegetation Index (NDVI). Distribusi suhu permukaan diperoleh dengan menggunakan metode dasar Radiative Transfer Equation (RTE). Tingkat sebaran vegetasi mempengaruhi suhu permukaan, semakin rapat vegetasi di suatu lokasi akan semakin rendah suhu permukaannya. Pola anomali densitas kelurusan digambarkan sebagai lokasi jalur masuk dan keluarnya fluida di kawasan panas bumi. Berdasarkan peta FFD, kawasan panas bumi Jaboi dan Iboih termasuk daerah anomali densitas kelurusan tertinggi yaitu 4 km/km2, hal ini menginterpretasikan bahwa kawasan tersebut memiliki sistem struktur pengontrol yang baik untuk kawasan panas bumi. Peta sebaran vegetasi di Pulau Weh terbagi atas empat klasifikasi yaitu sangat rapat (0.5 – 0.85), rapat (0.2 – 0.5), tidak rapat (0 – 0.2), dan tidak bervegetasi (-3 – 0). Kawasan panas bumi Jaboi masuk ke dalam klasifikasivegetasi tidak rapat. Kurangnya vegetasi di kawasan manifestasi panas bumi disebabkan oleh keadaan suhu yang tinggi pada permukaan tanahnya, yakni berada pada temperatur maksimum (28.7oC).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS CITRA LANDSAT DAN DEM SRTM UNTUK KAJIAN AWAL PENENTUAN DAERAH PROSPEK PANAS BUMI DI GUNUNG BUR NI TELONG (LUKMANUL HAKIM, 2017)

PEMETAAN SEBARAN DAN LUASAN HUTAN MANGROVERNDI KECAMATAN LEUPUNG, KABUPATEN ACEH BESARRNDENGAN MENGGUNAKAN DATA CITRA LANDSAT 8 (PAWIT TRIMANTO, 2015)

PEMETAAN SEBARAN PADANG LAMUN DI PERAIRAN PULAU MATAHARI KECAMATAN PULAU BANYAK ACEH SINGKIL (Fauzan Aulia, 2015)

ANALISIS BENCANA TANAH LONGSOR MENGGUNAKAN CITRA SATELIT LANDSAT 5 (STUDI KASUS BENCANA LONGSOR 30 MEI 2008 DI KABUPATEN ACEH SELATAN) (EKO CAHYO PRISTIWANTORO, 2015)

KORELASI NILAI MATA KULIAH PENGINDERAAN JAUH DAN KARTOGRAFI DENGAN NILAI MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (NINING SRI WARDANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.