Search :

Advance


PENGARUH ARUS PASANG SURUT TERHADAP SEDIMEN MELAYANG DI SEKITAR TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mumtaz Luthfi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Teluk Ulee Lheue merupakan kawasan yang dipengaruhi oleh arus pasang surut. Arus pasang surut mempengaruhi hidrodinamika angkutan sedimen. Angkutan sedimen tersebut menyebabkan terjadinya sedimentasi pada kawasan teluk dan menyebabkan pendangkalan pantai. Perubahan dasar laut yang drastis akan menyulitkan perencanaan konstruksi pantai dan juga membahayakan perlindungan garis pantai dari bahaya abrasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian tentang pengaruh arus pasang surut terhadap sedimen melayang pada perairan teluk yang berlokasi pada Teluk Ulee Lheue, Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat simetris atau asimetris dari hidrodinamika angkutan sedimen yang disebabkan oleh pengaruh arus pasang surut terhadap konsentrasi sedimen melayang pada Teluk Ulee Lheue. Langkah awal penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data dengan cara pengukuran menerus pada lokasi menggunakan instrumen jenis Accoustic Doppler Current Profiler (ADCP), Water Level Recorder (WLR), dan Turbidity Meter selama 72 jam. Kemudian perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus empiris untuk menghitung konsentrasi sedimen melayang, dan analisis frekuensi data periodik menggunakan Discrete Fourier Transform (DFT). Selanjutnya dilakukan penyaringan data (filtering) dengan jenis Low Pass Filter. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman FORTRAN, piranti lunak pengolah angka Ms. Excel, dan piranti lunak pengolah grafik dan analisis data IGOR Pro v.6.3.7.2. Hasil yang didapatkan bahwa pola pergerakan arus tidak seimbang (tidak simetris) terhadap pasang surut. Arus yang terjadi saat surut lebih besar dibandingkan pasang. Berdasarkan grafik mawar arus didapatkan arus dominan terletak pada arah Timur dengan persen bobot 43,39%. Nilai pasang surut rerata adalah 9,12 m dengan rentang 1,54 m. Dari kalibrasi sedimen didapatkan nilai maksimum 1534,43 mg/L. Manfaat yang dapat diperoleh dari Tugas Akhir ini adalah memberikan analisis awal untuk perencanaan infrastruktur pantai seperti breakwater, groin, pelabuhan, dan jenis konstruksi wilayah pantai lainnya. Manfaat lainnya ialah data pengukuran dapat digunakan untuk simulasi numerik pada teluk tersebut. Kata kunci : Pasang surut, angkutan sedimen, ADCP, Low Pass Filter.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH ARUS PASANG SURUT TERHADAP KONSENTRASI SEDIMEN MELAYANG DI LAGUNA GIGIENG (T. Didi Rosadi, 2014)

ANALISIS DISTRIBUSI SEDIMEN MELAYANG DI PERAIRAN KRUENG CUT KOTA BANDA ACEH (YUNI FADHLA, 2017)

STUDI PERBANDINGAN PASANG SURUT DI PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE DAN DI PELABUHAN BARANG PT. LAFARGE CEMENT LHOKNGA (RIZAL FAHMI, 2014)

STUDI DEBIT AIR BERDASARKAN PENGUKURAN ARUS PASANG SURUT LAUT DI ALUR PELABUHAN ULEE LHEUE (FALIQUL ISBAH, 2014)

SIMULASI NUMERIK PENGARUH PARAMETER PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI PANTAI AKIBAT GELOMBANG TSUNAMI (STUDI KASUS : TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR) (Asrita Meutia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.