Search :

Advance


ANALISIS KAPASITAS LENTUR PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI TINGGI PORTAL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chintya Yospita Saputri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan teknologi bahan konstruksi bangunan saat ini menunjukkan kecenderungan penggunaan material yang efisien sesuai dengan kebutuhan. Profil baja telah banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Baja memiliki sifat tahan terhadap kuat tarik. Salah satu material yang sering digunakan untuk konstruksi nonstruktural adalah baja hollow. Baja hollow merupakan material yang mudah untuk ditemukan, ekonomis, lebih cepat pemasangannya, serta memiliki kualitas anti karat. Namun penggunaan profil baja hollow untuk konstruksi struktural masih sangat kurang. Hal ini dikarenakan baja hollow memiliki rongga kosong sehingga mudah mengalami tekuk dan tidak kuat menahan beban. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan mengisikan mortar kedalam rongga kosong pada baja hollow. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan nilai kapasitas dari 3 portal bidang (plane frame) baja hollow yang diberi isi mortar dengan variasi tinggi portal. Penelitian ini dimulai dengan perencanaan baja hollow yang dibentuk menjadi portal bidang (plane frame) dengan metode matriks. Material yang digunakan pada penelitian ini adalah baja hollow yang berukuran 40/80 mm dan tebal 1,3 mm dengan variasi tinggi portal 400 mm, 500 mm, dan 600 mm. Material penyusun mortar adalah semen Portland tipe I, agregat halus, air dan bahan tambah yaitu viscocrete 10. Selanjutnya dibuat 3 benda uji dengan variasi tinggi portal bidang yang berbeda. Portal bidang (plane frame) tersebut akan diisi mortar dengan FAS 0,4. Kemudian dilakukan pengecoran dan pengisisan mortar ke dalam rongga kosong pada profil baja hollow. Penyambungan antara satu batang dengan batang lainnya dilakuka n dengan cara sambungan las, yang kemudian diperkuat dengan pengelasan pelat buhul pada setiap sambungannya. Untuk mengendalikan mutu mortar beton yang diinginkan, digunakan benda uji kubus berukuran 50 mm dan akan diuji pada umur 21 hari. Hasil dari pengujian kuat tekan maksimum dari portal tinggi 400 mm ialah 11,31 ton dengan lendutan sebesar 5,71 mm. Beban maksimum portal tinggi 500 mm ialah 13,24 ton dengan lendutan 25,64 mm. Dan beban maksimum portal tinggi 600 mm ialah sebesar 20,07 ton dengan lendutan 9,19 mm. Ketiga portal mengalami kehancuran tekuk pada elemen yang sama yaitu pada elemen tekan (elemen A1 dan elemen D2). Sehingga gaya terdistribusi ke joint 5 yang menyebabkan batang B2 mengalami keruntuhan tarik. Kata kunci : baja hollow, tinggi portal, portal bidang ( plane frame), mortar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAPASITAS LENTUR PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI KETEBALAN PROFIL (Ahlun Nazar Hasan Basri, 2017)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Aris Abdillah, 2017)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI KETEBALAN PROFIL (Rahmi Limana Darwin, 2017)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (FAS) (Natasya Amalia, 2016)

PENGARU DIMENSI BAJA HOLLOW TERHADAP KEKUATAN PORTAL BIDANG SATU PIAS DENGAN DINDING BETON RINGAN BUSA MENAHAN GAYA HORIZONTAL (Humam, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.