Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION(CAI) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS VIII SMP N 15 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Irfan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pesatnya perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi (information and communication technology/ICT) telah mengubah model dan pola pembelajaran pada dunia pendidikan, Salah satu model pembelajaran yang relevan ialah Computer-Assisted Instruction(CAI). Computer Assisted Instruction (CAI) merupakan pengembangan daripada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Computer Assisted Instruction (CAI) mencakup penggunaan komputer yang berhubungan secara langsung dengan siswa maupun pendidik. Macromedia flash 8 merupakan software aplikasi komputer yang dapat mendukung siswa untuk berinteraksi dengan aktif dan dapat digunakan siswa sebagai media pembelajaran matematika khususnya pada materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Computer-Assisted Instruction(CAI) dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain Pre-test dan Post-test Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh dan kelas VIII.1 serta VIII.2 sebagai sampel yang dipilih secara acak.Data diperoleh melalui hasil pre-test dan post-test hasil belajar siswa selama dilakukan penelitian. Analisis data dilakukan dengan statistik uji-t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan (dk) = 38. Berdasakan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung= 3,029 dan ttabel= 1,725 atau t_hitung> t_(tabel ) yaitu 3,029 > 1,725, hal ini berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Computer-Assisted Instruction(CAI) lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON DI MAN 3 BANDA ACEH (Riska Salfianti, 2015)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION(CAI) PADA MATERIFUNGSIKUADRAT DI KELAS XSMA N 5 BANDA ACEH (RIZKI WANBAKTI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Debrina Yulista, 2015)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MIKROSKOPIK KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA PADA SISWA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Syuhada Annisa, 2015)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI HUKUM LAVOISIER KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Evi Tri Octari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.