Search :

Advance


ANALISIS PRODUKTIVITAS BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI PENDORONG DAYA SAING INDUSTRI KREATIF DI KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Johan Sampoerno - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ANALISIS PRODUKTIVITAS BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI PENDORONG DAYA SAING INDUSTRI KREATIF DI KOTA BANDA ACEH Oleh : Johan Sampoerno NIM : 1209200010052 Pembimbing: 1. Dr. Sofyan Syahnur, M.Si 2. Dr. M. Shabri Abd. Majid, M.Ec ABSTRAK Pada negara berkembang, pengusaha, terutama sekali pada konteks Usaha Kecil Menengah adalah penting bagi pertumbuhan ekonomi. Kontribusi UKM adalah sebuah solusi bagi pertumbuhan ekonomi negara, dalam hal menyerap tenaga kerja (Birch, 1979), menawarkan produk-produk inovatif atau jasa dan meningkatkan daya saing; dengan kata lain tinggi rendahnya daya saing berkaitan dengan produktivitas dengan memanfaatkan efisiensi dari sumber-sumber daya (input) dalam menghasilkan suatu produk atau jasa (output) (Bain, 1982). Pengambilgunaan teknologi merupakan kekuatan untuk melakukan industrialisasi akan menyebabkan pesatnya proses produksi di banyak industri Toffler et al. (1981). Suatu isu yang muncul dalam pembahasan mengenai hubungan teknologi dengan produktivitas adalah apakah pengaruh teknologi terhadap produktivitas akan sama bagi pelaku industri kreatif untuk meningkatkan daya saing sedangkan lingkungan pelaku industri kreatif terdapat sumber daya yang berlimpah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan secara langsung variabel modal, tenaga, kerja, teknologi dan inovasi terhadap produktivitas berbasis teknologi terhadap daya saing pada industri kreatif di Kota Banda Aceh; untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan secara tidak langsung variabel modal, tenaga kerja, teknologi dan inovasi melalui produktivitas terhadap daya saing pada industri kreatif di Kota Banda Aceh. Jumlah sampel yang diambil adalah 106 pelaku industri kreatif, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner, observasi sedangkan teknik analisis yang digunakan Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan hasil analisis substruktural pertama didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan secara langsung variabel modal, tenaga kerja, teknologi, inovasi terhadap produktivitas; sementara itu hasil analisis kedua yang didapat variabel modal, tenaga kerja, teknologi, inovasi juga berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap daya saing melalui produktivitas tetapi relatif memiliki pengaruh yang lebih kecil dibandingkan pengaruh langsung. Kata kunci: Produktivitas, teknologi, industri kreatif, daya saing

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERUPUK KULIT DI KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (IRFANNIADI, 2016)

KAJIAN DAYA SAING PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI KUALIFIKASI NON-KECIL DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Khilbran, 2016)

PENGARUH QUALITY MANAGEMENT TERHADAP DAYA SAING KONTRAKTOR PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (, 2016)

ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA INDUSTRI KECIL MENENGAH FURNITURE KAYU DI KOTA BANDA ACEH (ANNISAA MAULYA RIZKI, 2016)

PENGARUH SUPLAY CHAIN TERHADAP EFISIENSI PEMASARAN, DAMPAKNYA PADA DAYA SAING KOPI ARABIKA GAYO (T. Budi Hermawan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.