//

PERBAIKAN HARMONISA PADA JARINGAN DISTRIBUSI SISI TEGANGAN 20KV PLN BANDA ACEH PENYULANG POCUT BAREN MENGGUNAKAN FILTER PASIF SINGLE TUNED FILTER ORDE 11

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIDHATULLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Harmonisa dibangkitkan oleh beban non linear yang menyebabkan distorsi harmonisa diantaranya adalah konverter, printer, transformator, rectifier dan lain-lainnya. Besar nilai harmonisa ke-11 ini diperoleh dari data yang dihasilkan oleh PLN Banda Aceh yang menimbulkan harmonisa ke-11 sebesar 9%. Dengan timbulnya harmonisa ke-11 pada saluran distribusi Banda Aceh yang besar dan melewati batas standarnya yaitu 9%, maka kualitas listrik yang disalurkan oleh PLN menjadi menurun, ini karena bentuk gelombang dari tegangan atau arus tidak lagi sinusoida murni namun sudah mengalami distorsi. Untuk meredam harmonisa pada beban non linier dapat menggunakan filter pasif. Dengan penambahan filter pada suatu sistem tenaga listrik yang mengandung sumber-sumber harmonisa, maka penyebaran arus harmonisa ke seluruh jaringan dapat dikurangi sekecil mungkin. Untuk mengatasi permasalahan tersebut didesain filter harmonisa yang nantinya dipasang pada penyulang untuk membuat harmonisanya dapat diredam dan menjadi baik total harmonisanya menjadi THD 18,74% dan pada orde ke 11 menurun menjadi 1,0%. Dan juga apabila dipasang filter orde ke-5 maka harmonisa ke-5, ke-7 dan ke-11 juga akan ikut menurun dari 36% menurun menjadi 8,8% akan tetapi pada harmonisa orde ke-11 yang awalnya diperbaiki harmonisa orde ke-11 dari 1% naik menjadi 1,2%

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH HARMONISA TERHADAP EFISIENSI TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 20 KV GARDU INDUK BANDA ACEH (Zakian, 2016)

ANALISA JATUH TEGANGAN JARINGAN DISTRIBUSI PRIMER 20KV PADA PENYULANG INDRAPURI (STUDI KASUS PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON LAMBARO) (Rahmat Akbar, 2016)

ANALISIS RUGI - RUGI DAYA PADA JARINGAN TEGANGAN MENENGAH DAN JARINGAN TEGANGAN RENDAH PADA PENYULANG RNBLANG BINTANG RAYON LAMBARO CABANG BANDA ACEH (Riza Mursal, 2014)

ANALISIS PENGARUH HARMONISA PADA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI GEDUNG DINAS CIPTA KARYA, TATA RUANG, DAN PERTANAHAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA (Muhammad Jakfar, 2018)

STUDI PENGARUH PEMASANGAN STATIC VAR COMPENSATOR TERHADAP PROFIL TEGANGAN PADA PENGYULANG NEUHEN (Alkindi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy