//

RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR TINGGI BADAN DIGITAL BERBASIS ARDUINO UNO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Rizqan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada umumnya ketinggian badan diukur secara manual oleh setiap manusia dengan cara menggunakan mistar atau meteran. Sistem pengukuran secara manual memiliki kelemahan diantaranya yaitu tidak dapat diketahui hasil oleh para tunanetra yang ingin mengukur ketinggian badannya. Pada proyek akhir ini telah dirancang sistem instrumen pengukur tinggi badan secara digital berbasis Arduino Uno dengan memanfaat kan sensor ultrasonic sebagai pendeteksi objek. Prinsip kerja instrumen tersebut adalah dengan mengirim sinyal benda atau tubuh manusia yang diterima oleh sensor ultrasonik ke Arduino Uno sebagai sistem kontrol. Arduino Uno ini akan mengirimkan intruksi ke LCD dan modul MP3 untuk memberikan sinyal output tinggi badan dengan suara, dan LCD berfungsi sebagai display. Penggunaan sensor ultrasonik pada penelitian ini memiliki sensitivitas tinggi, yaitu dapat mendeteksi benda atau manusia pada jarak 400 cm. instrumen yang dirancang telah berhasil dalam ujicoba mengukur 3 buah objek benda dan tiga objek manusia yang tidak sama ketingiannya, hasil pengukuran secara manual dan otomatis memiliki nilai yang sama. Kata Kunci : Sensor Ultasonik, Arduino Uno, LCD, Modul MP3

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR TINGGI BADAN DIGITAL BERBASIS ARDUINO UNO (Muhammad Rizqan, 2017)

RANCANG BANGUN MOBILE ROBOT PEMINDAH MATERIAL TIPE STEERING DIPANDU SENSOR WARNA SEBAGAI LINTASAN PERGERAKAN (Nurzahri, 2018)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PELAPORAN LOKASI TAKSI DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO GPS SHIELD BERBASIS GOOGLE MAPS (Ichwal Afrisyah, 2016)

PERANCANGAN STASIUN CUACA MINI BERBASIS ARDUINO UNO (Rien Taurina, 2017)

PROTOTYPE BUKA TUTUP PINTU OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO DAN SENSOR ULTRASONIK (Yudi Yunanda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy