Search :

Advance


PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(SMK3)PADA PROYEK KONSTRUKSI JEMBATAN BARU KRUENG CUT (WIL.II-01.2)DI BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hariz Poetra Aqli - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kecelakaan kerja masih sering terjadi pada pelaksanaan proyek konstruksi yang dapat menimbulkan kerugian pada proyek yang sedang berjalan dan menghambat proses pelaksaan pada proyek yang sedang dilaksanakan. Kerugian yang paling fatal dalam kecelakaan tersebut adalah hilangnya nyawa dan cacat permanen pada pihak yang terlibat langsung pada proyek tersebut. Oleh sebab itu perhatian terhadap hal ini harus dilakukan oleh semua pihak yang berkaitan. Permasalahan yang dihadapi oleh penelitian ini adalah sejauh mana perhatian PT. Adhi Karya (Persero) sebagai pihak kontraktor yang melaksanakan pembangunan Jembatan baru Krueng Cut (WIL.II – 01.2) dalam menerapkan program Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang mengacu pada peraturan hukum di Indonesia dan Occupational Health and Safety Assessment Series 18001:2007 (OHSAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SMK3 pada proyek yang ditinjau serta faktor-faktor yang dominan pada penerapannya secara langsung pada pada proyek tersebut. Data yang dibutuhkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data hasil kuesioner yang diberikan kepada responden yang meliputi : kontraktor, safety officer, kepala tukang/mandor dan tukang, hal ini dikarenakan mereka terlibat langsung pada proyek tersebut. Pertanyaan kuesioner meliputi pengetahuan SMK3, asuransi dan kecelakaan kerja dan program keselamatan kerja di lapangan. Data sekunder merupakan data dari perusahaan PT. Adhi Karya Persero. Pengolahan data menggunakan perhitungan statistik dengan memakai analisa reliabilitas dan analisa deskriptif. Berdasarkan hasil analisa reliabilitas, menunjukkan kuesioner memiliki nilai Cronbach Alpha ≥ 0,6. Sedangkan hasil analisa deskriptif menunjukkan angka mean tertinggi sebesar 4,02 pada aspek program K3, dan nilai mean terendah menunjukkan angka 3,90 pada aspek SMK3. Secara keseluruhan tingkat penerapan SMK3 pada proyek jembatan yang diteliti yang dikerjakan oleh PT. Adhi Karya (Persero) telah diterapkan secara Baik. Kata kunci : SMK3, OHSAS, Analisa reliabilitas dan Analisa deskriptif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG (STUDI KASUS : PEMBANGUNAN THE MANHATTAN MALL AND CONDOMINIUM–SUMATERA UTARA) (Khairunnisa P Saiful, 2016)

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (ALHADY, 2017)

STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BENCANA ALAM DAN NON BENCANA ALAM PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Gustin Yulian Nova, 2017)

STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BENCANA ALAM DAN NON BENCANA ALAM PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Gustin Yulian Nova, 2017)

STUDI FAKTOR TENAGA KERJA, MATERIAL DAN PERALATAN SEBAGAI PENYEBAB KETERLAMBATAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN DI KOTA SUBULUSSALAM (Syahru Ramadhan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.