//

HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR DENGAN SELF REGULATED LEARNING, MOTIVASI BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSYIAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Hidayati - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
MOTIVATION -EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ZOOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara penggunaan jurnal belajar dengan self regulated learning, dengan motivasi belajar, dan hasil belajar pada Matakuliah Zoologi Invertebrata mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada Oktober sampai Desember 2016. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest design. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah semester 3 yang memprogram Matakuliah Zoologi Invertebrata pada kelas reguler. Instrumen yang digunakan yaitu jurnal belajar, tes untuk menilai hasil belajar, angket self regulated learning, angket motivasi, dan angket respon mahasiswa. Analisis data hubungan antara penggunaan jurnal belajar dengan self regulated learning, dengan motivasi belajar, dan hasil belajar menggunakan uji korelasi dan uji regresi dengan bantuan SPSS 16.0 for windows, sedangkan respon mahasiswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara jurnal belajar dengan hasil belajar r = 0,473 dengan pengaruh 21,7%, antara jurnal belajar dengan self regulated learning r = 0,434 dengan pengaruh 18,8%, dan hubungan jurnal belajar dengan motivasi belajar r = 0,545 dengan pengaruh 29,8%. Berdasarkan angket respon diperoleh hasil bahwa 74% mahasiswa memiliki tanggapan yang baik terhadap penggunaan jurnal belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang cukup kuat antara jurnal belajar dengan self regulated learning, jurnal belajar dengan motivasi belajar, dan jurnal belajar dengan hasil belajar. Selain itu jurnal belajar juga memperoleh tanggapan yang baik dari mahasiswa. Kata Kunci: Jurnal Belajar, Self Regulated Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Zoologi Invertebrata.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ZOOLOGI INVERTEBRATA DI UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH BANDA ACEH (azwir, 2016)

HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Halim Tezar Kusuma, 2016)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016)

MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISIRNPROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKARNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Surasta Sari Dewi, 2014)

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSYIAH (Cut Nika Nurul Fadhilah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy