Search :

Advance


PRODUK KERAJINAN TRADISIONAL ACEH DALAM PERTUMBUHAN INDUSTRI KERAKYATAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maisyarah Hastuti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maisyarah Hastuti. 2017. Produk Kerajinan Tradisional Aceh dalam pertumbuhan industri kerakyatan. Skripsi, jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd (2) Dra. Nurul Faudiah, M.Pd Kata Kunci: Mutu, Kreasi, Kepuasan, Pertumbuhan Kerajinan Tradisional Aceh Kerajinan tradisional Aceh saat ini berkembang pesat, mulai dari bahan, motif, warna, model dan lainnya. Produk kerajinan tradisional Aceh harus dijaga mutu dan kreasi produk guna menambah kepuasan pada diri konsumen. Penelitian ini berjudul “Produk Kerajinan Tradisional Aceh Dalam Pertumbuhan Industri Kerakyatan” secara khusus bertujuan untuk mengetahui perkembangan mutu produk kerajinan tradisional Aceh, perkembangan kreasi produk kerajinan tradisional Aceh, kepuasan konsumen terhadap produk kerajinan tradisional Aceh, pertumbuhan industri kerajinan tradisional Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian tujuh orang responden yang dipandang tepat sebagai informan. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa produk kerajinan tradisional Aceh berkembang sesuai permintaan pasar dan terus meningkat mulai dari pasar lokal maupun pasar mancanegara. Perubahan motif, warna, bahan dan kreasi disesuikan dengan perkembangan pasar agar mampu bersaing dengan produk lain dan diminati konsumen. Industri kerajinan tradisional Aceh terus mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk kerajinan Aceh yang memperbarui mutu dari setiap produk kemudian menambahkan kreasi sesuai permintaan pasar yang sedang diminati konsumen serta semakin banyaknya konsumen yang terus menikmati dan membeli produk kerajinan tradisional Aceh. Mencintai produk kerajinan tradisional Aceh adalah salah satu cara untuk terus membangun produk industri lokal serta mempromosikan hasil budaya daerah sebagai wujud pelestarian daerah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MUSEUM KERAJINAN TRADISIONLA ACEH (dwi bahariyati, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG RNMEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA WANITA DARI PERTANIAN KE RNINDUSTRI KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rauzatul Azani, 2014)

PERLINDUNGAN HUKUM DESAIN INDUSTRI KERAJINAN TANGAN MOTIF PINTO ACEH DARI BAHAN DAUR ULANG (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (NABELA AGTARINA, 2017)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (HERRY KURNIAWAN, 2015)

PENGELOLAAN USAHA KERAJINAN ROTAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (Niazah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.