Search :

Advance


PENERAPAN VARIASI BAHAN SONGKET PADA BUSANA PESTA WANITA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cici Risnawati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Cici Risnawati, 2017. Penerapan Variasi Bahan Songket pada Busana Pesta Wanita. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Mukhirah, M.Pd (2) Dra. Fitriana, M. Si Kata Kunci. Variasi, Busana Pesta Penerapan bahan songket pada busana pesta adalah suatu penempatan pada busana wanita yang mengkombinasikan bahan songket pada tempat-tempat tertentu sesuai dengan model yang telah dirancang, dan menambah kesan lebih elegan sehingga terlihat mewah dengan nuansa tradisional. Pada penelitian ini bahan songket yang divariasikan dengan bahan polos yang menempatkan bahan songket pada dada, ujung lengan, belahan, bahkan perca dijadikan motif Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan variasi bahan songket pada bagian-bagian busana pesta wanita dan mengetahui jenis-jenis bahan songket yang dipilih untuk penerapan pada busana pesta wanita. Subjek penelitian ini adalah penulis mencoba mengaplikasikan bahan songket menjadikan sebuah busana pesta wanita dengan memadu-padankan dengan bahan songket menjadikan sebuah busana pesta wanita dengan bahan polos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen terapan ( applied research). Penerapan variasi bahan songket pada busana ada dua teknik yaitu pada model pertama menggunakan teknik jahit perca dan model dua menggunakan teknik jahit sambung. Dari kedua hasil eksperimen penerapan bahan songket pada busana memiliki teknik jahit yang berbeda. Penyelesaian model pertama tergolong rumit dikarenakan bahan songket yang keras dan mudah bertiras sehingga susah dalam proses menjahit. Sedangkan model yang kedua penyelesaiannya tergolong mudah karena hanya menggunakan teknik sambung. Hasil penelitian membuktikan bahwa songket dapat diaplikasikan untuk busana pesta, yang dilakukan dengan cara teknik jahit perca dan teknik jahit sambung. Jenis bahan songket yang dapat digunakan adalah bahan songket Palembang. Walaupun songket Palembang memiliki tekstur yang keras dan kaku, namun bahan songket Palembang dapat dipadukan dengan bahan polos.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI SULAMAN BENANG EMAS ATAU KASAB PADA BUSANA PESTA WANITA (Riska Mulia, 2016)

PENGEMBANGAN MOTIF KERAWANG GAYO PADA BUSANA PESTA WANITA DI ACEH TENGAH (Tiara Arliani, 2016)

PEMILIHAN BAHAN DAN DESAIN BUSANA PESTA UNTUK BALITA DI DESA LHEU BLANG KECAMATAN DARUL IMARAH (Shinta Maulidia, 2015)

PERILAKU IBU-IBU RUMAH TANGGA DALAM BERBUSANA UNTUK ACARA PESTA PERKAWINAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (YUSLINA, 2016)

MODIFIKASI SILUWEUE MEUTUNJONG PADA BUSANA PESTA BAGI REMAJA PUTRI DI KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH (Maya Hardiana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.