Search :

Advance


HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (LES)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Rahma Rizky - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Lupus Eritematosus Sistemik (LES) adalah suatu penyakit autoimun yang bersifat kronis yang ditandai dengan inflamasi tersebar luas dan mempengaruhi sistem organ dan tubuh. Manifestasi klinis yang beragam menyebabkan perubahan pada fisik tubuh dan mempengaruhi kondisi tubuh yang tidak dapat beraktivitas seperti biasanya sehingga menurunkan kualitas hidup pada Odapus. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kualitas hidup pada Odapus adalah dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap kualitas hidup pasien lupus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel secara total sampling sebanyak 30 responden pada bulan november 2015 sampai januari 2016 dengan tehnik wawancara menggunakan kuesioner Dukungan Keluarga dan Systemic Lupus Erythematosus Quality of Life (SLEQOL). Data dianalisis dengan menggunakan metode bivariat yaitu chi-square dengan confidence interval 95% dan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan dukungan keluarga terhadap kualitas hidup pasien LES dengan (p value = 0,008). Kesimpulan penelitian ini adalah dukungan utama yang Odapus dapatkan dari keluarga adalah dukungan emosional dan masalah utama yang mempengaruhi kualitas hidup Odapus adalah masalah psikologi. Kata kunci : Lupus Eritematosus Sistemik, Dukungan Keluarga, Kualitas Hidup.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SYMPTOM DEPRESI PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DI BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmat Zuaidi, 2015)

HUBUNGAN KADAR ANTIBODI ANTI DOUBLESTRANDED DEOXYRIBONUCLEIC ACID (DSDNA)DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PADA PASIEN LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (dr. Heriani, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

GAMBARAN TERAPI IMUNOSUPRESAN TERHADAP AKTIVITAS PENYAKIT LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Tsamara Yumna, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rozalia Zainab, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.