Search :

Advance


STUDI PENGARUH PEMANASAN BERULANG DAN WAKTU TAHAN PEMANASAN MINYAK GORENG TERHADAP NILAI KOEFISIEN VISKOSITAS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nursabila Alhazmi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Pengukuran nilai koefisien viskositas minyak goreng kelapa sawit menggunakan metode bola jatuh telah berhasil dilakukan. Penentuan nilai viskositas dilakukan dengan mengukur waktu tempuh jatuhnya bola ke dalam minyak, kerapatan bola dan minyak, diameter dan massa dari bola, dan kecepatan bola di dalam minyak.. Pengukuran viskositas minyak kelapa sawit dilakukan pada produk minyak yang beredar di pasaran yaitu minyak kemasan A, B, C, D dan minyak curah. Kemudian dua produk dipilih untuk dilihat perubahan viskositas terhadap variasi pemanasan berulang dan waktu tahan pemanasan untuk sekali pemakaian. Hasil penelitian didapatkan bahwa viskositas dengan nilai paling tinggi dimiliki oleh minyak curah dan viskositas dengan nilai paling rendah dimiliki oleh minyak kemasan A. Selanjutnya didapatkan bahwa viskositas minyak yang dipanaskan selama 60 menit hampir sebanding dengan viskositas minyak dalam 6 kali pemakaian dengan waktu tahan selama 30 menit. Minyak goreng kelapa sawit dengan nilai viskositas yang lebih tinggi akan mendidih pada suhu yang lebih tinggi dan waktu pemanasan yang lebih lama. Minyak goreng kelapa sawit yang digunakan secara berulang tetapi dengan waktu penggunaan yang singkat lebih baik dari pada minyak goreng kelapa sawit yang dipakai satu kali namun dalam penggunaan yang lebih lama. Kata kunci: viskositas, minyak kelapa sawit, metode bola jatuh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM PENGOLAHAN MINYAK KELAPA MURNI (VIRGIN COCONUT OIL) DENGAN METODE PEMANASAN (Ichsan Pradana Harris, 2014)

EVALUASI POTENSI ANTIOKSIDAN OLEORESIN DAUN KARI DALAM EMULSI MINYAK NABATI SETELAH PEMANASAN (DARMAWATI, 2016)

PEMBUATAN ROTI DARI TEPUNG UBI JALAR TERMODIFIKASI FISIK (Desi Purnamawati, 2014)

PENGARUH WAKTU DAN SUHU PEMANASAN PADA PROSES PENGERINGAN TERHADAP KADAR FITOESTROGEN PELET AMPAS KEDELAI FERMENTASI ASPERGILLUS NIGER (Novita Sari, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MINYAK GORENG CURAH DAN MINYAK GORENG KEMASAN ( STUDI KASUS PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH) (Farah Zakia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.