Search :

Advance


EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG KELAS, STUDI KASUS PADA RUANG KULIAH UMUM 1 UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Almira Fidela - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Manusia membutuhkan kenyamanan termal di dalam ruang. Kenyamanan termal dapat terwujud dengan sistem aliran udara yang baik dalam ruang tempat mereka beraktivitas. Berdasarkan hasil pengukuran suhu ruangan RKU-1 Universitas Syiah Kuala, diperoleh data sementara yaitu 32,5oC -33,2oC. Kondisi suhu ruangan yang panas tersebut menyebabkan pengguna ruang merasa tidak nyaman. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian dengan batasan fasilitas ventilasi udara alami pada ruang kelas, serta pengaruh suhu dalam ruangan terhadap proses belajar mengajar mahasiswa. Data yang dikumpulkan adalah data temperatur udara, data temperatur radiasi, data kelembaban, dan kecepatan angin pada ruang-ruang kelas, serta pembagian kuisioner yang berisikan data karakteristik responden, persepsi terhadap termal ruang kelas, serta jenis pakaian yang digunakan responden yang merupakan mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan di ruang kelas RKU-1. Penelitian dilakukan pada 2 ruang kelas, yaitu ruang 11.02.002 dan ruang 11.02.003, keduanya berbeda pada orientasi ruang dan bukaannya. Indeks termal yang digunakan sebagai metode analisis data pada penelitian ini adalah Predicted Mean Vote (PMV) yang dikemukakan oleh Fanger (1982) dan dihitung menggunakan aplikasi Java Applet ISO 7730, PMV 2008 ver.1,0. Hasil pengambilan data dalam ruang 11.02.002 meliputi PMV yang menunjukkan temperatur nyamannya adalah 18oC-19oC, sedangkan total kenyamanan rata-rata berdasarkan kuisioner adalah 66% pada suhu udara ruang kelas rata-rata 32,4oC, suhu radiasi rata-rata 34,4oC, kelembaban rata-rata 58,0%, dan kecepatan angin rata-rata 0,3m/s. Sedangkan hasil penelitian ruang 11.02.003 menunjukkan bahwa PMV memberikan temperatur nyaman 19,6oC-20,6oC, sedangkan berdasarkan kuisioner total kenyamanan rata-rata adalah 64% pada suhu udara ruang kelas rata-rata 32,3oC, suhu radiasi rata-rata 34,9oC, kelembaban rata-rata 57,9%, dan kecepatan angin rata-rata 0,1m/s. Perolehan nilai temperatur efektif pagi hari untuk kedua ruangan memasuki tingkat hangat nyaman, yaitu 27,1oC untuk ruang 11.02.002 dan 26,5oC untuk ruang 11.02.003. Namun pada siang dan sore hari, temperatur sudah melebihi ambang nyaman SNI. Hal ini membuktikan bahwa ruang kelas 11.02.002 dan 11.02.003 adalah panas dan tidak nyaman. Kata Kunci: Kenyamanan termal, Ruang Kuliah, Predicted Mean Vote.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL PADA RUANG SEMI- OUTDOOR(STUDI KASUS HANA CAFĂ©, BANDA ACEH) (HARISAH SUJANNAH, 2017)

KAJIAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KENYAMANAN TERMAL PADA SUATU RUANGAN KERJA (Zulkifli, 2015)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI RUANG KULIAH BERBASIS WEB (STUDI KASUS JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Reza Fairus, 2014)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( TAHAP II) (Odie Rahmathul Ikhsan, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TAHAP II) (Zerry Farianda. Z, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.