Search :

Advance


PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Heryani SZ - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Desi Heryani. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di Madrasah Aliyah Tgk. Chik Oemar Diyan Aceh Besar. Pembimbing I Dr. Djufri, M.Si. Pembimbing II Dr.Cut Nurmaliah, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 22 Juli sampai 6 Agustus 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu, XII IPA 1 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar dan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains peserta didik. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji t untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (thit.3,833 > ttab. 2,002) dan untuk keterampilan proses sains peserta didik memiliki kategori baik (74%). Kesimpulan menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen setelah penerapan model discovery learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAYAH MODERN TGK. CHIEK OEMAR DIYAN KRUENG LAMKAREUNG KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR, 1990-2014 (Rauzatul Jannah, 2015)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH (Erlina, 2017)

PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN (Nurul Fitriana, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.