//

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Heryani SZ - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Desi Heryani. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di Madrasah Aliyah Tgk. Chik Oemar Diyan Aceh Besar. Pembimbing I Dr. Djufri, M.Si. Pembimbing II Dr.Cut Nurmaliah, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 22 Juli sampai 6 Agustus 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu, XII IPA 1 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar dan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains peserta didik. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji t untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (thit.3,833 > ttab. 2,002) dan untuk keterampilan proses sains peserta didik memiliki kategori baik (74%). Kesimpulan menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen setelah penerapan model discovery learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DIPADU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (MULYANI, 2018)

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Silvia Wulandari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy