Search :

Advance


APLIKASI CURVATURE SCALE SPACE (CSS) UNTUK TEMU KEMBALI CITRA BUSANA MUSLIMAH BERDASARKAN DESKRIPSI BENTUK

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hayatun Maghfirah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Di Indonesia, model busana muslim wanita berkembang pesat dan semakin populer, sehingga muncul busana dengan warna, tekstur dan bentuk (shape) yang variatif. Seiring dengan itu, sistem penjualan busana muslimah melalui media daring semakin menarik yang memfasilitasi pengguna dengan citra-citra busana pada situs penjualannya. Citra busana ini dapat dicari menggunakan kata kunci berupa teks. Tetapi pengguna seringkali dihadapkan pada kesulitan untuk mendeskripsikan busana yang diinginkannya secara tepat. Karena itu muncul suatu teknik yang dekenal dengan nama temu kembali citra berdasarkan konten (TKCK). Konten yang dimaksud adalah warna, tekstur dan bentuk. Makalah ini membahas penerapan curvature scale space (CSS) sebagai metode ekstraksi fitur bentuk dari busana muslim wanita pada suatu sistem TKCK. Kinerja temu kembali dievaluasi pada tiga kategori busana berupa blus celana, gamis dan tunik, dan dengan panjang fitur CSS yang berbeda. Sebanyak 300 citra busana muslimah yang terdiri dari 100 citra untuk masing-masing kategori digunakan pada simulasi. Kinerja diukur dengan parameter recall dan precision, dan metode ekstraksi fitur perbandingan yang digunakan adalah histogram of gradient (HOG). Hasil temu kembali terbaik diperoleh pada kategori blus celana, diikuti oleh tunik, dan gamis. Pengambilan panjang fitur yang berbeda berpengaruh pada hasil TKCK; semakin panjang fitur, semakin turun kinerja temu kembali, dengan panjang fitur 4 menghasilkan kinerja terbaik. CSS memberikan kinerja terbaik pada kelompok tunik dari pada HOG. Sedangkan untuk HOG memberikan kinerja terbaik pada blus celana dan gamis. Kata kunci: TKCK busana, bentuk, CSS, HOG, Precision & Recall.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK RIMPANG TEMU KUNCI (BOESENBERGIA PANDURATA) TERHADAP PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Silvia Puja Natasya Keliat, 2016)

PERKEMBANGAN MODE BUSANA PERNIKAHAN GAYA BARAT BAGI PENGANTIN WANITA ACEH (Murniah, 2014)

PENGARUH EKSTRAK RIMPANG TEMU KUNCI (BOESENBERGIA PANDURATA) TERHADAP PSEUDOMONAS AERUGINOSA SECARA IN VITRO (Florentina Magdalena Girsang, 2016)

IDENTIFIKASI PENYEBARAN FRACTURED BASEMENT DENGAN METODE ATRIBUT SEISMIK PADA LAPANGAN “CA” CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA (Cut Aini, 2017)

CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL KHALIEQY (NADIA CININTYA LESTARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.