Search :

Advance


PERKEMBANGAN LEMBAGA SATUAN WILAYATUL HISBAH DI KOTA BANDA ACEH, 2000 – 2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meri Andriani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Wilayatul Hisbah adalah sebuah lembaga pengawasan pelaksanaan Syariat Islam di provinsi Aceh. Keberadaan lembaga ini telah dicantumkan di dalam beberapa qanun, pertama sekali dalam PERDA Nomor 5 Tahun 2000. Wilayatul Hisbah bertugas utama melakukan sosialisasi, pengawasan dan pembinaan, sehingga masyarakat akan merasa diberitahu, diingatkan bahkan mendapat bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejarah perkembangan Lembaga Satuan Wilayatul Hisbah di Kota Banda Aceh, 2000-2016 dan menganalisis peran satuan lembaga Wilayatul HisbahKota Banda Aceh dalam meningkatkan kesadaran bersyariat Islam di Kota Banda Aceh, 2000-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode sejarah yang terdiri dari lima langkah: pemilihan tema, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa (1) Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh berdiri tahun 2005 yang bertugas untuk mengingatkan masyarakat agar selalu taat menjalankan ajaran agama Islam dan menghindari seluruh larangan agama. Jumlah anggotanya sejak 2005 hanya terdapat 13 orang anggota, namun di tahun 2016 jumlah jumlah keanggotan Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh, baik sebagai pegawai kontrak maupun PNS berjumlah 60 orang dan (2) Peran Wilayatul Hisbah untuk mengawasi terlaksananya Syari’at Islam sudah tergolong berhasil hal ini dibuktikan semakin minimnya pelanggaran Syari’at Islam secara terang-terangan. Upaya yang dilakukan dengan cara memberitahukan dosa-dosa yang ditimbulkan daripelanggaran Syariat Islam tersebut. Dalam menjalankan perannya Satuan Polisi Wilayatul Hisbah juga memberikan hukuman berupa Hukum Jinayah bagi yang melakukan Khamar, Maisir, Khalwat, Ikhtilath, Zina, pelecehan seksual, pemerkosaan, Qadzaf, Liwath dan Musahaqah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA WILAYATUL HISBAH (WH) KOTA BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERSYARIAT ISLAM BAGI REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Rizki Amalia, 2016)

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN ISLAMI BAGI PELANGGAR NORMA-NORMA AGAMA (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Yahnijar, 2014)

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MEWUJUDKAN BUSANA ISLAMI PADA PEMBUATAN VIDEOKLIP LAGU ACEH (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Syafridawati, 2016)

UPAYA WILAYATUL HISBAH MENANGGULANGI PELANGGARAN TIDAK BERBUSANA ISLAMI MELALUI PATROLI RNDI KOTA BANDA ACEH (ANIS SAPUTRA, 2014)

HAMBATAN DAN UPAYA WILAYATUL HISBAH DALAM PENEGAKAN QANUN NOMOR 14 TAHUN 2003 TENTANG KHALWAT DI KOTA BANDA ACEH (ISWANDI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.