Search :

Advance


KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ARITMATTIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP METHODIST BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cici Prastika - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Prastika, Cici. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving pada Pembelajaran Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Methodist Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Rahmah Johar S. Pd., M. Pd (2) Suhartati, S. Pd., M. Pd Kata kunci: thinking aloud pair problem solving, strategi pembelajaran, komunikasi matematis Kebanyakan siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang memiliki tingkat kesulitan sedang hingga sulit. Hal ini disebabkan karena siswa terbiasa mendapatkan soal matematika berupa aplikasi rumus yang sederhana dan belum terbiasa dalam menyelesaikan soal matematika yang membutuhkan pemikiran yang lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah selama pembelajaran berlangsung dengan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving dan tes pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Methodist Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdistribusi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok 1 dan 2 dikelas VIIB SMP Methodist Banda Aceh semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Siswa dipilih berdasarkan kemampuan tinggi dan sedang dalam pembelajaran matematika sehari-hari di mana mereka juga memiliki ketertarikan terhadap matematika. Data penelitian dijaring melalui observasi, wawancara dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif, sedangkan data hasil tes kemampuan komunikasi matematis akan dinilai berdasarkan pedoman penilaian kemampuan komunikasi matematis dan dihitung skor akhir siswa yang dikonversikan ke dalam skala 0-100 untuk menentukan kriteria kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dari subjek kelas VIIB SMP Methodist Banda Aceh dalam menyelesaikan masalah melalui strategi thinking aloud pair problem solving pada LKS 1 tergolong baik dan pada LKS 2 tergolong kurang. Selain itu, dua subjek penelitian memiliki hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang baik. Sedangkan 2 subjek penelitian lainnya memiliki hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang cukup. Kemudian untuk rata-rata kelas diperoleh hasil tes dengan nilai 63,01 di mana nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup dalam berkomunikasi matematis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 2 BANDA ACEH (Tria Tiara Mora S., 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Mutia Fariha, 2013)

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.