Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PBL DIPADU MEDIA ANIMASI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan penerapan model PBL dipadu media animasi video pada materi sistem pencernaan pada manusia. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 16 Agustus - 6 September 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretes postes control group desain. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam bentuk instrumen tes. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa thitung > ttabel (5,176 > 2,002) dan untuk hasil belajar thitung > ttabel (4,919 > 2,002) hal ini menunjukkan data tersebut signifikan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dipadu media animasi video dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 5 Banda Aceh. Kata Kunci: PBL, Media Animasi Video, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa, Sistem Pencernaan Manusia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dewi Erianti, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (SYUKRIAH, 2014)

PEMANFAATAN MEDIA VIDEO SISTEM GERAK DENGAN PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI (RIZKINA MANIK, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMPN 15 BANDA ACEH (Ruslaini, 2017)

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Amalia Susana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.