Search :

Advance


PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyu Rizki - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL MEDIA
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
DIGESTIVE SYSTEM - BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitan ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa serta korelasi antara hasil belajar dengan keterampilan proses sains melalui pemanfaatan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi. Pengambilan data dilakukan pada Maret sampai April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas, yaitu VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa berupa soal berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikan 0,05. Untuk mengetahui hubungan hasil belajar dengan keterampilan proses sains menggunakan rumus korelasi. Hasil uji t hasil belajar menunjukkan bahwa ݐ ௛௜௧௨௡௚ >ݐ ௧௔௕௘௟ yaitu (7,137>2,002), keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dari katagori cukup menjadi sangat baik, dan korelasi antara hasil belajar dengan keterampilan proses sains siswa menunjukkan nilai r =0,87. Simpulan menunjukkan bahwa pemanfaatan LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan hasil belajar, dan keterampilan proses sains siswa dengan kategori baik dan sangat baik, adanya korelasi yang tinggi antara hasil belajar dengan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem ekskresi di MTsN Rukoh Banda Aceh. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Sistem Ekskresi Manusia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MTSS AL-FURQAN BAMBI. (Emal Fida, 2016)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017)

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR (Desi Heryani SZ, 2017)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rosdiana Meliana Situmorang , 2016)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.