Search :

Advance


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Erianti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dipadu media audio visual terhadap motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa, serta hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa pada materi sistem endokrin. Pengambilan data dilakukan pada bulan April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa, dan tes untuk menilai keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar menggunakan rumus korelasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa ݐ ௛௜௧௨௡௚ > ݐ ௧௔௕௘௟ yaitu untuk motivasi belajar 4,915>2,01, keterampilan berpikir kritis 4,470 > 2,01 dan hasil belajar siswa 3,968 > 2,01 dan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar menunjukkan nilai r =0,859 dan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar menunjukkan nilai r =0,851. Simpulan model pembelajaran problem posing dipadu media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa dan adanya korelasi yang tinggi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa pada materi sistem endokrin di MAS Babun Najah Banda Aceh. Kata Kunci: Problem Posing, Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa, Sistem Endokrin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017)

PENERAPAN MODEL PBL DIPADU MEDIA ANIMASI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Maulina, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMPN 15 BANDA ACEH (Ruslaini, 2017)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Maida Rindi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.