Search :

Advance


PEMANFAATAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PKN DI MTSN 1 MODEL BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Rista - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rista, Yulia, 2011. Pemanfaatan Media Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Pkn di MTsN 1 Model Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs, Amirullah, M.Si. , (2). Zulihar Mukmin, S,Pd, M,Si Kata Kunci: Pemanfaatan Media, Pembelajaran PKn Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Media untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran PKn di MTsN 1 Model Banda Aceh”. Rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam pemanfaatan media pada pembelajaran PKn di MTsN 1 Model Banda Aceh; (2) Bagaimanakah cara guru meningkatkan hasil belajar PKn siswa dalam pemanfaatan media di MTsN 1 Model Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam memanfaatkan media pada pembelajaran PKn; (2) Untuk mengetahui berbagai kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media pada pembelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang guru PKn di MTsN 1 Model Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media proses pembelajaran lebih efektif dan siswa lebih sangat bersemangat dan termotivasi mengikuti proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan yaitu guru harus menggunakan media yang menarik dan bervariasi dalam setiap proses pembelajaran PKn, sehingga pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar itu dapat membangkitkan minat belajar siswa dan menjadi rangsangan terhadap siswa dalam kegiatan belajar. Hambatan yang dialami oleh guru dalam menggunakan media yaitu hanya pada keterbatasan waktu untuk penggunaan media dalam materi tertentu, atau guru kurang bisa dan kurang menguasai menggunakan media elektronik. Kesimpulan dari skripsi ini adalah guru belum memiliki kreativitas yang memadai terhadap penggunaan media pembelajaran, guru kurang memahami dan menguasai cara penggunaan media pembelajaran PKn dan terbatasnya waktu yang tersedia, guru harus lebih kreatif dalam menggunakan media agar lebih diminati siswa sehingga pembelajaran akan lebih optimal. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan guru mampu memanfaatkan serta menggunakan setiap media yang telah tersedia di sekolah sehingga penggunaan media ketika berlangsungnya proses belajar mengajar menjadi lancar dan tidak mempersulit siswa dalam memahami pelajaran, guru bidang studi PKn juga harus kreatif menggunakan media, terutama media yang berbentuk elektronik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI HIDROKARBON DI MAN 3 BANDA ACEH TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012 (nurul huda, 2014)

PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Nurhidayati, 2017)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP CAHAYA SISWA KELAS VIII SMP 4 BANDA ACEH (ULFA MAULI HAZIRNI, 2015)

KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI (IT) SEBAGAI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (CUT YUSI RAHMITA, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANAN SISWA KELAS VIII-10 MTSN 1 BANDA ACEH (Hayatul Husna, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.